Webinar Penggunaan Perangkat Lunak untuk Menunjang Penulisan Artikel Ilmiah

Publish

2 March 2024
uad

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
113
Webinar penggunaan perangkat lunak

Webinar penggunaan perangkat lunak

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dipandu oleh Anggit Prabowo M.Pd, Magister Pendidikan Matematika UAD mengadakan pelatihan penggunaan Mendeley dan publish of perish untuk penulisan Artikel. Acara ini dalam rangka Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT). Kegiatan ini bertujuan untuk memandu peserta dalam mengikuti prosedur dan kaidah-kaidah penulisan artikel ilmiah yang sudah menjadi standar acuan, termasuk penggunaan Mendeley dalam pengutipan dan penyusunan daftar pustaka.

Anggit mengatakan, dalam konteks penulisan artikel ilmiah, Mendeley merupakan alat manajemen referensi yang sangat bermanfaat. Mendeley membantu penulis untuk mengelola referensi, mengutip sumber secara efisien, dan menyusun daftar pustaka dengan mudah. Dengan menggunakan Mendeley, mahasiswa dan guru dapat meningkatkan kualitas penulisan artikel mereka dan memastikan keakuratan pengutipan sumber.

Selain itu, pemahaman tentang Publish or Perish juga menjadi fokus dalam webinar ini. Publish or Perish adalah perangkat lunak yang membantu penulis mengevaluasi dampak dan produktivitas penelitian mereka. Melalui Publish or Perish, mahasiswa dan guru dapat memahami sejauh mana dampak penelitian mereka di dunia ilmiah, memperluas jangkauan publikasi, dan meningkatkan visibilitas riset mereka.

Menurutnya webinar ini memberikan solusi konkret untuk meningkatkan minat mahasiswa dan guru dalam menulis artikel ilmiah. Selain itu, webinar juga berperan sebagai alternatif dalam mencari referensi penulisan artikel, memberikan wawasan mendalam mengenai penggunaan Mendeley dan Publish or Perish. Hal ini tidak hanya membantu meningkatkan kualitas penulisan artikel, tetapi juga memberikan peluang untuk menggunakan aplikasi tersebut sebagai media promosi, sejalan dengan tanggung jawab kelembagaan dalam mendukung program peningkatan mutu.

Acara yang dipandu Anggit Prabowo ini didukung anggota tim lain seperti Marwa M Sehe, Anggrina Gusmizain, Linda Nurhidayah, Ratri Widianingsih, dan Ummu Habibah Siregar. Kegiatan ini juga melibatkan tim pelaksana dan mahasiswa S1 PGSD serta Pendidikan Matematika sebagai peserta yang terlibat dalam diskusi tahap Pra-Pelatihan.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Dua penghargaan sekaligus disabet oleh siswa SMP Muhammadiyah Progra....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ) jalin ....

Suara Muhammadiyah

3 April 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Lembaga Sensor Film (LSF) RI menggelar sosialisasi budaya sensor ma....

Suara Muhammadiyah

7 December 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 22 Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah se kota Makassar period....

Suara Muhammadiyah

14 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Bertepatan hari Kesaktian Pancasila, Ahad, 1 Oktober 2023, Mu....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah