Yogya Darurat Sampah, PCM Jetis Lakukan Gropyokan Sampah

Publish

29 June 2024
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
774
Doc. PCM Jetis

Doc. PCM Jetis

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Persoalan sampah masih mendera Kota Yogyakarta. Merespons hal tersebut, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Jetis Yogyakarta melalui Majelis Lingkungan Hidup (MLH) menggelar aksi Gropyokan Sampah pada Sabtu (29/6) di Jogoyudan, Gowongan, Jetis, Yogyakarta.

Ketua PCM Jetis Yogyakarta Imam Bayu Nugroho menuturkan tumpukan sampah di Jogoyudan sangat memprihatinkan. Di mana sampah tampak menggunung dan mengeluarkan aroma tidak sedap. Menurutnya, letak sampah yang sangat berdekatan dengan pemukiman padat penduduk, sangat menganggu kesehatan dan kenyamanan masyarakat sekitar.

“Dalam waktu yang cukup lama, kita melihat ada beberapa bulan sampah ini tidak bergerak (diangkut ke TPS). Maka, kita punya inisiatif untuk membakar sampah yang ada dengan menggunakan peralatan yang telah disiapkan (Insererator portable),” ujarnya.

Bayu mengatakan pihaknya terus menjalin sinergi dengan masyarakat sekitar untuk mengatasi masalah sampah. Sinergi ini akan terus dilakukan sampai masyarakat bisa mengelola sampah secara mandiri.

“Mudah-mudahan nanti kita bisa bekerja sama dengan warga. Kalau kita usul sampahnya tidak lagi dibuang di sini berikutnya. Jadi, ini nanti kita bisa bersinergi kita memulai menginisasi mengatasi darurat sampah untuk nanti kita lanjutkan dengan pengelolaan sampah mandiri,” tuturnya.

Sementara, Anggota DPD RI DIY Drs HM Afnan Hadikusumo mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh PCM Jetis melalui MLH. Baginya, langkah tersebut sangat relevan untuk menjaga lingkungan hidup sekitar. 

“Alhamdulillah, kita bisa berjumpa di sini dalam rangka Gropyok Sampah. Ini sangat positif dalam membangun kesadaran dan kebersamaan masyarakat untuk mengatasi tumpukan sampah yang akhir-akhir ini sangat memprihatinkan,” katanya.

Afnan mengungkapkan, Ia sebetulnya sudah mengingatkan tentang sampah sejak lama. Bahkan, sampai menyosialisasikannya untuk menangani persoalan sampah. Afnan menegaskan, bilamana ada masyarakat peduli atau bekerja sama mengurus sampah, maka dapat memberikan profit yang sangat besar.

“Kalau ada kelompok-kelompok yang mengurus itu (sampah), nanti ada keuntungan 9 juta perbulan. Jadi, sampah itu bisa menjadi berkah karena sampahnya dijual,” tegasnya.

Serupa dikatakan Bayu, Dewan Pakar MPKSDI PP Muhammadiyah ini mengharapkan perlunya penguatan sinergi antara PCM Jetis dengan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan, lebih-lebih menyangkut sampah. “Saya berharap ada sinergi antara PCM Jetis dan masyarakat. Inilah kemanfaatannya adanya Muhammadiyah di lingkungan masyarakat kita,” pungkasnya. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Masih bernuansa milad Muhammadiyah Ke 111, yang telah usai pada pekan la....

Suara Muhammadiyah

26 November 2023

Berita

SUKABUMI, Suara Muhammadiyah – Pada Jum’at, 21 Juni 2024 telah dilaksanakan kegiatan Pen....

Suara Muhammadiyah

25 June 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka Peringatan Hari Ibu 2023, PSIPP atau Pusat Studi Islam, P....

Suara Muhammadiyah

6 December 2023

Berita

BEKASI, Suara Muhammadiyah - Musyawarah Cabang ke-3 Muhammadiyah dan Aisyiyah Rawalumbu Kota Bekasi ....

Suara Muhammadiyah

29 October 2023

Berita

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah - Palembang - STIKES ‘Aisyiyah Palembang gelar pertemuan be....

Suara Muhammadiyah

8 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah