88 Pucuk Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Kota Surabaya Ikuti Pentaloka

Publish

27 May 2024
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
128
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya sukses menggelar Penataran dan Lokakarya (Pentaloka) Digitalisasi Administrasi dan Keuangan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Se-Kota Surabaya yang dilaksanakan oleh Majelis Pustaka, Informatika, dan Digitalisasi (MPID) kerja sama dengan Lembaga Pembinaan dan Pengawasan Keuangan (LPPK).

Bertajuk “Tertib Administrasi dan Keuangan Menuju Organisasi yang Ideal” kegiatan Pentaloka dilaksanakan di Smamda Tower jalan Pucang Anom 91 Surabaya dan diikuti 88 peserta dari unsur Ketua, Sekretaris, Bendahara, maupun sekretaris eksekutif PCM se-kota Surabaya, Ahad (26/5/2024).

Hadir pula Ketua PDM Kota Surabaya M. Ridlwan MPd, Sekretaris Catur Anang Hutoyo, Bendahara Musa Abdullah, Wakil Ketua Hamri Aljauhari, Ketua MPID PDM Kota Surabaya Andi Hariyadi, serta Ketua LPPK Anang Syaifudin yang juga seorang akuntan.

Ketua Panitia Pentaloka Hidayat ST menjelaskan, Pentaloka dihelat karena dalam sebuah organisasi, tak terkecuali Muhammadiyah, administrasi dan keuangan merupakan hal yang sangat penting. Administrasi dan keuangan dapat menunjukkan identitas itu sendiri.

"Semakin rapi administrasi dan keuangan organisasi, bisa dipastikan kinerja organisasi tersebut juga rapi. Muhammadiyah merupakan organisasi yang banyak bergerak di bidang sosial, tapi akan lebih baik jika didukung dengan sumber daya manusia yang profesional," tuturnya.

Selain membenahi administrasi dan tata kelola keuangan Muhammadiyah, sambung Hidayat, tujuan lain dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah silaturahmi antar-pimpinan dan memantapkan/refreshing wawasan bermuhammadiyah.

"Dengan mengikuti kegiatan itu, kata Hidayat, peserta diharapkan mampu memahami isi Buku Himpunan Pedoman Organisasi Muhammadiyah. Selain itu, mampu membuat dan mengoperasionalkan email khusus untuk PCM," tuturnya.

“Peserta juga diharapkan memiliki Google Drive dan tahu cara menggunakannya (upload dan donwload),” imbuhnya.

Hidayat melanjutkan, peserta juga bisa menginventarisasi data aset dan dokumen administrasi cabang serta mampu membuat surat dengan format dan tata administrasi yang benar. Kemudian, dapat menyusun dan membuat RAPBM persyarikatan.

Berikutnya, dapat melalukan tata kelola tertib administrasi keuangan standar (buku kas umum dan jurnal) serta monitoring dan evaluasi (monev) AUM pendidikan, peribadatan, dan sosial.

“Materi Pentaloka meliputi memahami Himpunan Pedoman Organisasi Muhammadiyah, tata administrasi persuratan dan digitalisasi arsip, tata kelola keuangan Muhammadiyah dan penyusunan RAPBM, serta pembuatan database persyarikatan,” kata Hidayat.

Berikut materi Pentaloka untuk Administrasi dipandu Sekretaris PDM Surabaya Catur Anang Hutoyo beserta tim MPID, keuangan dipandu Bendahara PDM Musa Abdullah bersama tim LPPK.

Agenda ini meliputi Manajemen Keadministrasian Organisasi dan Tatakelola Invetarisasi Aset, Tatakelola Invetarisasi Aset Organisasi Secara Digital, Praktik Membuat Dokumen Digital, Praktik Menyusun RAPBM, Praktik Akuntansi Keuangan PCM, Panduan Monitoring dan Evaluasi Keuangan AUM. (yuda)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi salah satu momen liburan bag....

Suara Muhammadiyah

28 September 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, S.IP., M.IP., menghadiri ....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengukuhkan guru besarnya. Prof Dr S....

Suara Muhammadiyah

13 September 2023

Berita

Pesan PWM Sulsel: Terdepan Cetak Panrita Kitta SINJAI, Suara Muhammadiyah - Universitas Islam Ahmad....

Suara Muhammadiyah

3 April 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Prestasi membanggakan diraih dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah (....

Suara Muhammadiyah

2 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah