Baitul Arqom Muhammadiyah Tubaba Dorong Lahirkan Kader Berkemajuan

Publish

16 September 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
194
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

LAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Lampung, Sabtu 14 September 2024 Baitul Arqom pengkaderan bagi Pimpinan dan Unsur Pembantu Pimpinan Muhammadiyah di Tiyuh Totokaton, Kecamatan Batu Putih, Sabtu-Senin, 14-16 September 2024. Acara ini diikuti oleh 61 peserta dari perwakilan Majelis dan Lembaga serta Pimpinan.

Acara ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan serta wawasan keagamaan bermuhammadiyah kepada para kader. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Majelis pendidikan Kader dan Sumber Daya Insani PWM Provinsi Lampung Andi Febriudin. Dalam sambutannya, Andi menyampaikan pengkaderan dalam sebuah organisasi sangat penting karena dapat membentuk karakter kader Persyarikatan.

"Pengkaderan ini sangat penting untuk membentuk karakter dan pemahaman yang kuat bagi para kader, agar mampu menghadapi tantangan zaman dan berkontribusi positif dalam masyarakat," ucapnya.

Sementara itu Ketua PDM Tubaba, Susilo Aris Nugroho dalam sambutannya menekankan pentingnya Baitul Arqom sebagai program utama yaitu konsolidasi idiologi agar semua pimpinan di semua tingkatan mempunyai kesamaan langkah dan kesamaan pikir dalam menjalankan gerak persyarikatan.

"Tantangan muhammadiyah di Tubaba ini semakin berat, dan itu bisa di hadapi dengan kesungguhan dan satu pandangan kebersamaan dari semua pimpinan di semua lini. Maka Baitul Arqom akan di harapkan membentuk kepribadian yang mempunyai semangat bermuhammadiyah " jelasnya.

Selama kegiatan, peserta mendapatkan berbagai materi, termasuk pelatihan manajemen organisasi, diskusi tentang nilai-nilai Muhammadiyah, serta praktik kepemimpinan. Selain itu, juga diadakan sesi tanya jawab dan sharing pengalaman antara pembicara dan peserta untuk meningkatkan interaksi dan pemahaman materi.

"Kami dari Majelis Kader dan Sumber Daya Insani (MPKDSI) PDM Tubaba menghadirkan instruktur dan pemateri dari PWM Lampung seperti; Ustaz Rohmat Santosa, SPd yang memberikan materi terkait Manhaj Tarjih Muhammadiyah, Dr Sujino, MPdI dengan materi Mukadimah Anggaran Dasar (MAD) Muhammadiyah, Drs Ahmad Syukri, M.M tentang Tuntunan Ibadah sesuai Keputusan Tarjih, Andi Pebriudin, MPd tentang Kepribadian Muhammadiah,” terangnya.

Selain itu, Juga ada narasumber M Sholihin, MPdI yang memberikan materi tentang Hirarki dan Tata Aturan dalam Muhammadiyah, Dr Hasbullah, MPd materi Manajemen Organisasi dan Akhlaq Bermuhammadiyah, Revitalisasi Cabang dan Ranting Muhammadiyah oleh Syamsuddin, MM serta materi dari Sekretaris PWM yang menjelaskan Materi Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah " terang Wawan Herdianto, Sekretaris MPKDSI Tubaba.

 "Kami ingin kader-kader ini tidak hanya menjadi pemimpin di dalam organisasi, tetapi juga menjadi penggerak di lingkungan masyarakat dengan menjadi agen perubahan yang tidak hanya memahami teori tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari", pungkasnya. (Scp/San/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dengan semangat yang tinggi dan penuh harapan, Pimpinan Wilayah P....

Suara Muhammadiyah

5 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Setiap tanggal 1 Oktober , rakyat Indonesia merayakan Hari Kesaktia....

Suara Muhammadiyah

1 October 2023

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Prof. Dr. I....

Suara Muhammadiyah

4 May 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokert....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan dan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (....

Suara Muhammadiyah

19 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah