Banjir - Longsor Luwu, MDMC Fokus Tangani Desa Terisolir

Publish

21 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
163
Istimewa

Istimewa

 

LUWU, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kab. Luwu tetap konsisten tangani beberapa desa terisolir yang terdampak cukup parah di Kec. Latimojong.  

Adapun jembatan utama di Desa Kadundung, Kec. Latimojong yang juga menjadi jalan kabupaten masih dalam kondisi terputus. Hingga saat ini telah dilakukan pembersihan massal oleh MDMC, warga serta pemerintah daerah.

Selain itu, dilaporkan juga bahwa masih ada 8 desa lainnya di Kec. Latimojong yang terisolir dan belum mendapatkan layanan penuh lantaran medan yang sangat curam disertai banyaknya titik longsor sehingga sulit dijangkau oleh mobil.   

Zulkifli, Koordinator Poskoor Muhammadiyah Luwu, menyebutkan bahwa MDMC Kab. Luwu saat ini berfokus memberikan layanan dan distribusi bantuan di daerah tersebut menggunakan motor trail. 
Dengan bantuan tim relawan gabungan dari MDMC Wilayah Sulawesi Selatan, Zulkifli menyampaikan bahwa pihaknya berupaya konsisten menyalurkan bantuan berupa logistic, hygiene kit dan makanan siap saji dari posko induk ke Kec. Belopa.  

Selain itu, layanan kesehatan dan psikososial juga masih terus didirikan oleh MDMC Kab. Luwu mengingat banyaknya warga terdampak dari Kec. Latimojong yang mengungsi di kecamatan lainnya dan mengalami gangguan penyakit gatal-gatal serta saluran pernapasan atau ISPA.

“Karena rumah warga banyak yang hancur dan hanyut terbawa longsor, makanya sampai saat ini warga masih mengungsi di kecamatan tetangga. Di lapangan, mungkin masih ada juga warga yang tidak terjangkau bantuan dari pihak lainnya,” ujar Zulkifli.

Dirinya juga menyebutkan bahwa layanan kesehatan dari MDMC, dioperasikan di masing-masing titik posyan secara menetap dan terkadang mobile ke lokasi lainnya berdasarkan panggilan mendesak.(*)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SORONG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijri....

Suara Muhammadiyah

10 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pesantren Mahasiswa K.H. Ahmad Dahlan (PERSADA) UAD menggelar Train....

Suara Muhammadiyah

14 September 2023

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Klinik Pratama Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) resmi melaksan....

Suara Muhammadiyah

28 June 2024

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Purworejo menggelar Ide....

Suara Muhammadiyah

31 December 2023

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah -- Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat 2023-2027 hasil Mu....

Suara Muhammadiyah

28 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah