Berprestasi, Mahasiswa UM Bandung Raih Juara Lomba Esai Psychopora

Publish

27 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
132
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa program studi Psikologi Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung, Aulia Zakiyah Almardiyah, berhasil meraih juara dua dalam Lomba Esai Nasional S1: Psychopora UMS 2024 yang diselenggarakan dalam rangka Milad Fakultas Psikologi UMS.

Esai karya Aulia yang berjudul “My Life My Film Series: Sebuah Strategi Pencarian Identitas Diri” berhasil mengantarkannya meraih prestasi dalam perlombaan ini.

Aulia merasa bersyukur bisa berpartisipasi dalam acara ini dan berhasil meraih juara. Ia sangat bahagia karena ikhtiarnya membuahkan hasil meskipun ini adalah pertama kalinya ia mengikuti lomba. “Pastinya senang banget karena pertama kali ikut lomba esai, alhamdulillah bisa membawa nama baik UM Bandung dalam skala nasional,” ujarnya di UM Bandung pada Senin (27/05/2024).

Aulia terbiasa dengan dunia literasi. Ia selalu membaca berbagai bahan belajar dari beragam bacaan dan referensi, tidak hanya yang terkait dengan program studi di UM Bandung, tetapi juga dari berbagai disiplin ilmu lainnya. Kebiasaan ini terus dilakukan selama ia menimba ilmu di UM Bandung.

Ia juga aktif menulis artikel populer di berbagai portal online. "Sebetulnya, selama kita memahami redaksi dan struktur penulisan, insyaallah kita akan bisa membuat karya tulis yang otentik," tuturnya.

Untuk menghasilkan esai ilmiah ini, Aulia menyusun konsepnya sendiri, ditambah dengan ide kreatif yang dipadukan dengan teori, sehingga menghasilkan karya yang relevan. Esai karya gadis asal Majalengka ini menarik dibaca karena memuat informasi yang baik dengan penggunaan bahasa baku yang mudah dipahami.

“Gaya bahasa tulisan aku terkesan baku dan ilmiah. Buku-buku yang aku baca dominan bertema self improvement, sejarah, atau novel Tere Liye dengan gaya bahasanya yang baku dan formal juga mempengaruhi gaya tulisan aku,” tandas mahasiswa UM Bandung angkatan 2021 ini.

Kaprodi Psikologi UM Bandung Riyanda Utari turut bangga dan mengapresiasi capaian prestasi ini. Menurut Riyanda, prestasi ini adalah bukti nyata dari dedikasi, kerja keras, dan semangat juang yang tinggi dalam mengembangkan kemampuan akademis dan intelektual. Keberhasilan ini tidak hanya mengharumkan nama pribadi, tambah Riyanda, tetapi membawa kebanggaan bagi seluruh sivitas akademika prodi Psikologi UM Bandung.

“Kami berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan berkarya. Teruslah berinovasi dan memberikan kontribusi positif serta jangan pernah berhenti belajar dan mengembangkan diri. Sekali lagi selamat atas pencapaian yang luar biasa ini,” kata Riyanda.***(FA)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Wonogiri menerima kunjungan Ke....

Suara Muhammadiyah

9 February 2024

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) dalam upayanya memperkuat....

Suara Muhammadiyah

20 January 2024

Berita

Membangun Kemitraan dengan PCM dan AUM untuk Market Produk SM Corner  CILACAP, Suara Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

23 May 2024

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Agenda rotin akhir semester ganjil Pondok Pesantren Al-Mu&rsqu....

Suara Muhammadiyah

3 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka mempertahankan dan menjalin silaturahmi dengan pa....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah