Dedikasi KOKAM Punya Relevansi Bagi Masyarakat dan Bangsa

Publish

27 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
356
Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Irwan Akib, MPd saat memberikan sambutan di Rakornas KOKAM dan SAR Muhammadiyah

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Irwan Akib, MPd saat memberikan sambutan di Rakornas KOKAM dan SAR Muhammadiyah

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Rapat Koordinasi Nasional KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah) & SAR (Search and Rescue) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dipusatkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada 24-26 Juni 2024. Rakornas ini dilaksanakan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulawesi Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Badan Pelaksana Operasi (BPO) KOKAM Nasional dan Komandan Wilayah KOKAM se-Indonesia.

Ketua PP Muhammadiyah Prof Dr H Irwan Akib, MPd membuka acara sekaligus memberi refleksi dan pengarahan. Ia menegaskan peran penting KOKAM dalam menjaga keutuhan NKRI dan nilai-nilai Muhammadiyah.

"KOKAM dalam sejarah kelahirannya adalah manifestasi kecintaan kader-kader muda Muhammadiyah kepada bangsa ini dan Persyarikatan Muhammadiyah," ujarnya.

Irwan menambahkan, KOKAM harus terus bertumbuh dan berperan aktif dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta organisasi Muhammadiyah. Menurutnya, semangat pengabdian KOKAM kepada Islam, kemanusiaan, dan ke-Indonesiaan harus selalu berjalan seiring. "Pengabdiannya kepada Islam, Kemanusiaan, dan KeIndonesiaan harus selalu sejalan," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Irwan juga mengingatkan agar para kader KOKAM tetap teguh memegang nilai-nilai luhur yang diajarkan oleh Muhammadiyah. "Melalui dedikasi dan kerja keras para kader, KOKAM dapat terus berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa," tegasnya.

Panglima Tertinggi KOKAM Dzulfikar Ahmad Tawalla merespons pernyataan Irwan Akib dengan menyebut Falsafah Bugis Makassar yang bisa dijadikan pegangan oleh KOKAM. Falsafah yang Dzulfikar maksud adalah ‘Angngaru’ yang berarti keberanian, kesetiaan dan keteguhan jiwa.

“Pasukan KOKAM harus selalu tampil gagah berani, setia kepada Pemuda Muhammadiyah, Muhammadiyah dan Bangsa ini, serta memiliki keteguhan jiwa dalam melaksanakan tugasnya bahwa apa yang dilakukan adalah bagian dari ibadah kepada Allah SWT,” ucap Dzulfikar.

Ada beberapa hal yang akan dibahas pada Rakornas KOKAM dan SAR Pemuda Muhammadiyah, satu diantaranya ialah pembahasan peraturan organisasi. PP Pemuda Muhammadiyah dan PP Muhammadiyah juga menandatangani MoU pembentukan UKM KOKAM di setiap PTMA. (Hadi/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Nazhif Azka Fadlillah mahasiswa program studi Teknik Informatika....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Musyawarah Daerah (Musyda) XVII Pimpinan Daerah Pemuda Muhamm....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (PWNA) Jawa Timur besuk panta....

Suara Muhammadiyah

6 July 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ada mahasiswa baru (Maba) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muha....

Suara Muhammadiyah

22 September 2023

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Dalam rangkaian kegiatan Jambore MCC LKSA Ke-3 Panti Asuhan Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

25 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah