Delegasi MDMC Tangsel Ikuti Collabs Rangers Kemenpora

Publish

16 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
94
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada hari Rabu – Sabtu, 2 – 5 Oktober 2024, bertempat di Wisma Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Buperta Cibubur dan Petamburan, telah dilaksanakan serangkaian kegiatan Collab Rangers yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Indonesia Resilience. Kegiatan ini dihadiri oleh 150 peserta terpilih dari seluruh Indonesia yang telah melalui proses seleksi secara bertahap dan mewakili daerah maupun provinsinya masing masing.

Pada tahun ini Adipatra Kenaro & Syarafina Zhalifunnafsi Sartono, mewakili Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dari Wilayah Tangerang Selatan sebagai delegasi dalam kegiatan Collab Rangers. Kegiatan ini merupakan ajang bergengsi yang bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi lintas sektor di kalangan pemuda dan membangun kapasitas mereka dalam mengatasi berbagai tantangan, khususnya dalam penanganan bencana dan masalah sosial di Indonesia.

Perjalanan kami sebagai delegasi dimulai dengan proses seleksi yang ketat. Proses seleksi ini dilakukan secara bertahap, melibatkan ribuan pendaftar dari berbagai latar belakang dan organisasi kepemudaan di seluruh Indonesia. Pada tahap awal, peserta diminta untuk mengirimkan essai yang mencerminkan pemahaman dan gagasan kreatif tiap peserta dalam menangani permasalahan penangulagan bencana secara kepemudaan, sosial, dan kemanusiaan.

Mereka mengirimkan essai yang mengangkat topik mengenai strategi kolaboratif dalam penanggulangan bencana berbasis komunitas. Akhirnya, setelah melalui berbagai tahapan seleksi, kami dinyatakan lolos sebagai salah satu peserta yang terpilih. Akhirnya, setelah melalui berbagai tahapan seleksi secara berkala, kami dinyatakan lolos sebagai salah satu peserta yang terpilih. Pengumuman ini merupakan kebanggaan tersendiri, karena dari ±1000 pendaftar dari berbagai daerah di Indoensia, kami berhasil masuk dalam kategori 50 Essai Terbaik.

Kegiatan Collab Rangers ini diisi dengan serangkaian pelatihan dan workshop intensif yang difokuskan pada pengembangan kapasitas pemuda dalam menangani reseliensi bencana, kolaborasi lintas sektor, serta penguatan jaringan komunitas kepemudaan di tingkat nasional. Program unggulan Kementrian Pemuda dan Olahraga yang disebut "Collab Rangers" ini juga mendapat dukungan 18 Kementerian dan Lembaga terkait. Menpora Dito Ariotedjo menyaksikan langsung penandatangan kesepakatan kerjasama atau MoU dengan ke 18 Kementrian dan lembaga terkait di Buperta, Cibubur - Jakarta Timur.

Kementrian dan lembaga tersebut diantaranya Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Badan Informasi Geospasial, Badan Riset dan Inovasi Nasional, dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Serta 6 lembaga lain, seperti Universitas Negeri Jakarta, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Palang Merah Indonesia, Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia, Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia, dan Indonesia Resilience. 

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, bertepatan dengan bulan pemuda yang puncaknya akan kita rayakan pada Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2024. Kegiatan ini juga beriringan dengan momentum Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional, menjadikannya sangat relevan pada 13 Oktober. Salah satu kesepakatan dalam forum ini adalah menjalankan program kolaborasi untuk pengurangan risiko bencana.

Dalam sambutannya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyinggung soal penerapan Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor untuk Pelayanan Kepemudaan. Menurutnya, penerapan Perpres itu bisa dilaksanakan dalam isu pengurangan risiko bencana “Forum ini menjadi wadah berkumpulnya gagasan dan partisipasi pemuda Indonesia dalam mewujudkan masyarakat tangguh bencana. Acara ini diharapkan mampu meningkatkan sosialisasi dan kesiapsiagaan masyarakat, terutama pemuda dalam menghadapi bencana, serta menjadi inspirasi bagi kita semua,” ujarnya.

Sementara itu Adipatra Kenaro & Syarafina Zhalifunnafsi delegasi dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), berpartisipasi aktif dalam berbagai workshop dan simulasi praktis. Kegiatan ini memang dirancang untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam pengurangan risiko bencana dan pengelolaan situasi darurat. Dirinya aktif mengikuti Workshop Pengurangan Risiko Bencana, yang mengajarkan strategi mitigasi untuk mengurangi dampak bencana, Evacuation Route Planning, di mana peserta belajar merancang jalur evakuasi aman dan efektif.

Sesi Teknik Berkomunikasi dengan Masyarakat memberikan keterampilan komunikasi dalam menyampaikan informasi penting kepada masyarakat, terutama saat terjadi krisis. Simulasi Kebakaran, pelatihan Dapur Umum, serta Simulasi Pembuatan Tenda Smelter, yang semuanya berfokus pada respons cepat dan penyediaan kebutuhan dasar bagi pengungsi. Workshop Ecoenzym memperkenalkan pembuatan bahan pembersih alami, sementara sesi Pertolongan Pertama melatih keterampilan medis dasar bagi korban bencana.

Setelah kembali ke daerahnya masing masing, para peserta yang berasal dari utusan organisasi dan komunitas dari berbagai daerah termasuk Adipatra Kenaro & Syarafina akan menjadi contoh bagi para pemuda dan pemudi di seluruh pelosok tanah air untuk menanggulangi dan mengurangi resiko bencana alam yang diperkirakan bisa saja terjadi di masa depan.

Menurut Syarafina seluruh rangkaian workshop dan simulasi ini memberikan pengalaman yang sangat berharga, bahkan juga memperkuat keterampilan teknis dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Dengan terpilihnya sebagai delegasi dari MDMC dan sebagai salah satu dari 50 esai terbaik, hal ini menjadi pencapaian yang membanggakan dirinya secara pribadi, Ujarnya. Syarafina juga berharap dia dapat terus berkomitmen dalam membangun kapasitas pemuda dan memperkuat peran masyarakat dalam penanggulangan bencana di Indonesia.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Indonesia merupakan negara dengan curah hujan yang tinggi. Inilah kenapa Anda membutuhkan gadget yan....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Agar nilai-nilai kebaikan dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM....

Suara Muhammadiyah

28 September 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ikatan Keluarga Alumni Komunikasi dan Penyiaran Islam (IKA KPI) ....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Pelatihan Pembibitan dan Budidaya Tanaman Sayur untuk petani perempuan....

Suara Muhammadiyah

9 August 2024

Berita

BLORA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Blora mengundang Pimpinan Caban....

Suara Muhammadiyah

8 September 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah