Eco-Surya Sukoharjo, Ikhtiar Menyelamatkan Semesta

Publish

14 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
247
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Sukoharjo mengadakan Launching Program Eco-Surya sekaligus Talkshow Pembalut Kain yang bertempat di GOR Putri Ponpes Imam Syuhodo’ Kabupaten Sukoharjo. Acara ini memiliki tema “Menggiatkan Dakwah Lingkungan, Memajukan Peradaban”.

Program Eco-Surya ini merupakan implementasi ikhtiar menyelamatkan alam semesta yang disupport oleh LazisMU PP Muhammadiyah. Program Eco-Surya terdapat 3 kegiatan berupa Pemberdayaan Pembalut Kain, Bank Sampah, dan Penanaman 1000 pohon pola asuh. 

Acara berjalan dengan penuh khidmat ini diawali dengan safety briefing yang disampaikan oleh Ipmawati Halwa Ketua PR IPM dan dihadiri oleh PDM Sukoharjo, PCM dan PCA Blimbing, Direktur Ponpes Imam Syuhodo’, dan 300 santriwati Ponpes Imam Syuhodo’. 

Ayahanda PDM Sukoharjo, Eko Pujiatmoko menyampaikan dalam sambutannya memberikan apresiasi atas program ini yang memberikan nilai manfaat dengan mengurangi dan mengolah sampah serta reboisasi. Kepedulian terhadap lingkungan ini penting untuk merawat alam apalagi sekarang kita merasakan langsung bahwa terjadi pemanasan global dalam hal hal ini climate change.

“Kita punya histori sekitar 6 tahun lalu, PDM Sukoharjo dan Ortom hadir sebagai tim independen melakukan gerakan ekologis terhadap kerusakan lingkungan. Dan tahun ini dinahkodai oleh PDNA dan PC IMM Kabupaten Sukoharjo dalam program Eco-Surya yang terintegrasi Lazismu PP yang tentu ada standar profesional untuk memberikan nilai manfaat dan maslahat untuk masyarakat,” kata Bendahara PDM Sukoharjo (Ahad, 13/10/2024).

Sementara itu, Ustadz Sholahudin Sirezar selaku Direktur Ponpes Imam Syuhodo’ menyampaikan pentingnya etika dalam beragama. Bahwa agama Islam telah mengatur secara detail etika dan akhlak kita dalam aktivitas kehidupan manusia dimanapun dan dengan siapapun, termasuk etika dan akhlak dengan alam (lingkungan).

“terjadi kerusakan alam dengan adanya pemanasan global yang ditandai suhunya naik, kutub mulai mencair dan banyak bencana. Ini terjadi karena tidak adanya etika dan akhlak manusia terhadap lingkungan. Maka penting dakwah lingkungan ini supaya memiliki kesadaran menjaga lingkungan supaya tetap asri dan lestari,” ujar Direktur Ponpes Imam Syuhodo’.

Dilain sisi, Ninin Karlina sebagai Ketua PDNA Sukoharjo sekaligus Direktur Eksekutif Eco-Surya menyampaikan bahwa gerakan nyata ini memiliki komitmen untuk mengurangi dan mengolah sampah, sesederhana semua konsumsi bebas plastik dan rebus-rebusan yang menyehatkan dan semua menggunakan tumbler.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan sore ini selain launching program tapi juga talkshow sebagai edukasi kepada santriwati Ponpes Imam Syuhodo’ tentang pentingnya pemakaian pembalut kain oleh Bunda Khoiriyatun Ainiyah (LLHPB PCA Blimbing) dan Ayunda Fathurrahmah (Dept. Dakwah PDNA Sukoharjo).

“Progam pemberdayaan pembalut kain ini dilakukan itu di Ponpes Imam Syuhodo’ yang terdapat 300 santriwati yang ketika menstruasi menggunakan 20 pembalut. Nah, artinya dalam 1 bulan telah menyumbang 6000 sampah, dan dalam setahun menyumbang 72.000 sampah, untuk itu penggunaan pembalut kain adalah solusi untuk mengurangi sampah secara signifikan,” tutup Ketua PDNA Sukoharjo.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan r....

Suara Muhammadiyah

8 December 2023

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali mengukuhkan po....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

BIREUEN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan cabang Muhammadiyah gandapura mengadakan kegiatan berbuka pua....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Gladian Pemimpin Regu  (DIANPIMRU) merupakan salah satu usaha pela....

Suara Muhammadiyah

31 August 2024

Berita

Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah -- Ketua Majelis P....

Suara Muhammadiyah

9 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah