Festival Budaya “Mancawarni” SMA Muhi Berlangsung Semarak di Pasar Ngasem

Publish

19 May 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
231
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sukses menggelar kegiatan 𝙈𝙪𝙝𝙞 𝘼𝙥𝙧𝙚𝙨𝙞𝙖𝙨𝙞 𝘾𝙞𝙥𝙩𝙖 𝙄𝙣𝙤𝙫𝙖𝙨𝙞 𝘿𝙖𝙧𝙞 𝘽𝙪𝙙𝙖𝙮𝙖 & 𝙎𝙚𝙣𝙞 (Mancawarni). Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 18 Mei 2024 mulai pukul 14.00 – 21.00 WIB secara outdoor di Plaza Ngasem, Pasar Ngasem, Jalan Polowijan Nomor 11, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Mancawarni adalah sebuah Festival seni budaya dan pertunjukan musik yang menggambarkan keindahan warna-warni budaya Indonesia.

Selain itu, disediakan stan-stan kuliner dan berbagai tenant yang menarik. Dengan demikian, acara ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga sebuah sarana edukasi dan promosi seni dan budaya Indonesia. Kegiatan ini merupakan event Mancawarni yang pertama kalinya digelar. Yudianto, S.Pd selaku ketua panitia melaporkan acara ini dihadiri sekitar 2500 pelajar, orang tua siswa, dan masyarakat umum di Yogyakarta. Mancawarni tahun 2024 mengangkat tema Sura Dira Jayaningrat Lebur Denin Pangastuti.

Menurut Yudianto, S.Pd selaku koordinator guru pemdamping siswa, masyarakat pengunjung Mancawarni mendapatkan berbagai hiburan seperti stan kuliner tradisional khas Jogja, pameran kesenian nusantara, pertunjukan band pelajar, pertunjukan rockestra, pertunjukan tari, pertunjukan teater, pertunjukan karawitan, dan berbagai macam jajanan nusantara.

“Makna dari Sura Dira Jayaningrat Lebur Denin Pangastuti. adalah segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati dan sabar. Berbagai menu makanan khas daerah dan hiburan ini bisa dinikmati pengunjung selama acara berlangsung pukul 14.00-21.00 WIB. Peserta didik kelas X melaksanakan pameran makanan khas daerah dan peserta didik kelas XI melakukan pameran produk kerajinan. Setiap kelas mendapatkan 1 stan pameran," tegasnya.

Kegiatan ini dimulai pukul 14.30 WIB dengan pembawa acara Walidan Atha Padiza. Pukul 14.45 – 16.30 kegiatan dilanjutkan dengan penampilan Band SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta dan Band Padz 81 SMA Negeri 3 Yogyakarta. Suasana sangat meriah dimana para pelajar dari berbagai sekolah berkumpul dan bernyanyi bersama. acara dilanjutkan dengan penampilan band lokal SMA Muhi yaitu M One, Javas, dan Vier Gendhis. Pukul 17.00 – 17.30 WIB dilanjutkan dengan penampilan Tari Saman XI dan penampilan Drama oleh siswa SMA Muhi. Tari Saman merupakan tarian yang berasal dari suku Gayo, Aceh dan biasanya ditampilkan dalam suatu perayaan penting di suatu peristiwa adat.

Setelah sholat Magrib dan istirahat acara kembali dimulai pukul 19.00 WIB. Pada kesempatan ini Fahza Firdausa dan Berliana Hilwa bertindak selaku pembawa acara. Sebelum acara pentas seni dilanjutkan, diadakan seremonial kegiatan upacara pembukaan. Pada kesempatan ini hadir Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi DIY dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Selain itu hadir pula perwakilan komite sekolah, perwakilan Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta, tokoh masyarakat, dan orang tua peserta didik. Sambutan yang pertama oleh Kepala SMA Muhi Yogyakarta Drs H Herynugroho, M.Pd. Menurut Kepala SMA Muhi Yogyakarta Drs H Herynugroho, M.Pd kegiatan Mancawarni merupakan salah satu bentuk apresiasi seni yang diselenggarakan untuk mewadahi bakat dan minat peserta didik di bidang seni sekaligus sebagai sarana SMA Muhi untuk mendekatkan diri bersosialisasi kepada masyarakat Yogyakarta. 

Menurutnya nantinya Mancawarni ini akan dilaksanakan setiap tahun sebagai penutup rangkaian kegiatan ekstrakurikuler. “Pelestarian budaya sangat penting untuk ditanamkan kepada generasi muda Indonesia. Pelajar harus ditanamkan sikap cinta kebudayaan Indonesia sejak dini agar mereka bisa menghormati dan menghargai warisan nenek moyang kita. memperkaya kehidupan kita dengan keragaman, menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang, mencegah terjadinya kepunahan budaya Indonesia dan membuka peluang ekonomi serta pariwisata baru bagi daerah” pungkasnya.

Kegiatan Mancawarni dibuka secara resmi oleh Dr. Reni Herawati, M.Pd.B.I. selaku perwakilan pimpinan Majelis Dikdasmen PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY. Dalam sambutannya Dr. Reni Herawati, M.Pd.B.I. membacakan sajak puisi yang menggambarkan apresiasi dan rasa bangganya pimpinan Muhammadiyah atas kreativitas yang ditorehkan peserta didik SMA Muhi.

Pentas seni dilanjutkan pukul 19.30 dengan hiburan Lighting Show dilanjutkan pentas karawitan, penampilan tari SMA Muhi, dan Moehi Rockestra. Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan stan pameran terbaik oleh Edo Lestari,S.Pd.,M.Psi selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan. Puncak acara Macawarni adalah penampilan Malik and friends yang tergabung dalam grup band Moehi Harmoni. Moehi Harmoni adalah gabungan penampilan dari guru karyawan dan peserta didik SMA Muhi yang menggabungkan antara band, paduan suara, dan karawitan. Akhirnya acara ditutup pukul 21.30 WIB. (Yusron)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Dua Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembal....

Suara Muhammadiyah

20 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tim dosen Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melakukan ....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

BANJARNEGARA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Batur menggelar Tabligh Akbar ....

Suara Muhammadiyah

16 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Rumah Sakit AMC Muhammadiyah Yogyakarta menggelar serangkaian acara....

Suara Muhammadiyah

5 May 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah — Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah menyelenggarakan agenda Tanwir pad....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah