Gelar Tasmi', SD Muh CC Lahirkan Generasi Penghafal Al-Qur'an

Publish

8 June 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
200
Peserta Tasmi' Foto Istimewa

Peserta Tasmi' Foto Istimewa

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Selain sebagai sekolah berprestasi, SD Muhammadiyah Condong Catur (SD Muh CC) turut melahirkan para penghafal Al-Qur'an. Hal ini diwujudkan dalam gelaran Tasmi' Al-Qur'an Juz 30 yang berlangsung di Aula KH Ahmad Dahlan, Sabtu, 8 Juni 2024.

Agenda Tasmi' Al-Qur'an kali ini merupakan yang kedua kalinya dan pada tahun ini mengalami peningkatan peserta. Pada tahun 2024 ini diikuti 18 peserta dari kelas 6 yang sangat antusias sebagaimana tema Tasmi' “Mari Menjadi Orang-orang yang Memakaikan Mahkota kepada Orang Tua di Akhirat”.

Sebagaimana disampaikan Kepala Sekolah SD Muh CC Sulasmi, SPd dalam sambutannya bahwa seseorang yang menghafal Al-Qur'an akan menjadi mahkota kemuliaan bagi orang tua. Dirinya juga berterima kasih kepada orang tua yang dapat mendampingi para siswa dalam Tasmi' yang diharapkan menjadi generasi yang shalih dan shalihah. “Mudah-mudahan menjadi amal jariyah semua,” tuturnya.

Turut hadir Majelis Dikdasmen PCM Depok Drs Sayuti Mustofa, MPd, Wakil Kepala Sekolah SD Muh CC Eko Apri Anggoro, SS dan jajaran guru, para siswa selaku peserta Tasmi', serta perwakilan orang tua. Termasuk para penguji Tasmi’ diantaranya Ustadz Rizki Nur Faizin, Hafizh 30 Juz dari Universitas Al-Azhar Mesir dan Ustadzah Nur Rofi’atun Nisa yang juga hafizhah 30 juz.

Sulasmi mengungkapkan bahwa belajar Al-Qur'an merupakan proses yang dilalui di SD Muhammadiyah Condong Catur. Teringat di awal siswa masuk kelas 1 di sekolah ada pemetaan pembacaan Al-Qur’an, ada yang sudah lancar, namun ada juga yang bacaan Iqro masih jilid 1. Hal ini kemudian menjadi perhatian dan sekolah mendampingi melalui program belajar membaca Al-Qur'an Kibar.  

“Kita pantas bersyukur bersama di penghujung kelulusan kelas 6 ini anak-anak bisa hafal juz ke-30 ini dengan baik,” ungkap Sulasmi. Selain itu Kepala Sekolah berbangga dan mengapresiasi para siswa yang berani dan percaya diri dalam kegiatan Tasmi'.

Para peserta Tasmi' tersebut yaitu Rania Fathna Shabiha, Nazhifa Aisya Hareta, Alifia Naura Jannah, Muhammad Labbaika Agha Fawwas, Hafidzah Maulida Azzahra, Keandra Azka Affandi, Muhammad Adli Havianta, Rayyandra Athar Muhammad, dan Ubaydillah Arief Rahman.

Selanjutnya ada Janeeta Zayna Fazila Rofy, Ronia Rumaisha Aribowo, Gazella Celmira Anggrewanta, Muhammad Dhiya 'Ulhaq Paosar, Senandung Candhik Ayu Anak Agung, Ahza Rahman Alfatih, Avarania Diastya Laksitha, Hafshah Hasna Fathinah, dan Yasmine Bagraff.

Oleh karena itu, Sulasmi berpesan jika setelah lulus agar siswa untuk istikamah melanjutkan hafalan Al-Qur'an. Sehingga hafalannya terus bertambah di jenjang berikutnya. “Dengan keistiqomahan anak-anak semuanya agar bisa melestarikan, bisa mengamalkan Al-Qur'an, sehingga kalian bisa menjadi pecinta Al-Qur'an yang abadi,” tuturnya.

Jajaran Juri Tasmi. Foto Istimewa

Majelis Dikdasmen PCM Depok Drs Sayuti Mustofa, MPd berterima kasih atas dorongan dan dukungan atas program Tasmi SD Muh CC. Dirinya berharap sekolah mempunyai program yang ditargetkan dan ditingkatkan namun tetap disesuaikan dengan kemampuan siswa.

Sayuti mendorong siswa selain menghafal juga melaksanakan ajaran-ajaran Al-Qur'an. “Ini merupakan kegiatan yang positif sehingga beberapa perguruan tinggi memberikan apresiasi dan kesempatan masuk tanpa tes (bagi yang menghafal Al-Qur'an),” tuturnya.

Selain itu, Al-Qur'an memberikan syafaat di hari kiamat, bagi penghafal Al-Qur'an dan pengamalannya dapat memberikan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Termasuk memberikan ketenangan bagi orang-orang yang menghafal Al-Qur'an.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (Ismuba) Eko Apri Anggoro, SS menyebutkan bahwa ke depan program keagamaan termasuk Tasmi’ perlu pola-pola baru agar dapat diikuti oleh lebih banyak siswa.

“Alhamdulillah secara kuantitas dari jumlah pesertanya anak-anak kita untuk yang Tasmi’ hafalan di juz ke-30 ini ada peningkatan dan harapannya tahun berikutnya akan terus meningkat bahkan dapat diikuti seluruh siswa, ” tuturnya dalam wawancara kepada media. Langkah-langkahnya termasuk mempersiapkan pelatihan hingga memasifkan murojaah baik di sekolah dan di rumah. (rpd)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah - Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Amrullah M telah sukses memperta....

Suara Muhammadiyah

7 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PW....

Suara Muhammadiyah

7 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Buya Prof. Dr. K.H. Ahmad Syafii Maarif dikenal sebagai Guru B....

Suara Muhammadiyah

29 November 2023

Berita

BANYUWANGI, Suara Muhammadiyah - Memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, Eco Bhinneka Banyuwang....

Suara Muhammadiyah

10 June 2024

Berita

4 Laptop Terbaik yang Cocok di Bawa Berpergian Di era digital seperti sekarang ini banyak aktivitas....

Suara Muhammadiyah

29 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah