Gotong Royong dan Spirit Kebersamaan Warnai Milad ke-96 NA

Publish

6 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
266
Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agung Danarto melepas peserta fun walk Milad ke-96 Nasyiatul Aisyiyah

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agung Danarto melepas peserta fun walk Milad ke-96 Nasyiatul Aisyiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah (NA) menggelar puncak milad ke-96 di Pelataran Masjid Gede Kauman Yogyakarta, Sabtu (6/7). Acara ini mengusung tema "Gotong Royong untuk Kemanusiaan Semesta" di awali dengan Fun Walk (Jalan Sehat) yang diikuti oleh kader NA, pelajar putri Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta, dan masyarakat sekitar.

Ketua PP Muhammadiyah Agung Danarto didampingi Ketua Umum PP NA Ariati Dina Puspitasari melepas peserta Fun Walk. Hadir Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, Sekretaris Umum PP Aisyiyah Tri Hastuti Nur Rochimah, Ketua Umum PP Tapak Suci Afnan Hadikusomo, Ketua MDMC PP Muhammadiyah Budi Setiawan, Ketua Lazismu Pusat Ahmad Imam Mujaddid Rais, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Agung menukil adagium Al Aqlu Salim Fil Jismi Salim. Menurutnya, adagium ini bermakna pikiran yang sehat terdapat pada badan yang sehat. “Untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani, jangan lupa untuk olahraga. Dan jangan lupa untuk menjaga kebugaran tubuh kita, Insya Allah akal kita menjadi sehat,” ujarnya.

Agung mengapresiasi puncak milad NA kali ini. Selain Fun Walk, ada juga Pashmina (Pelayanan Remaja Sehat Milik NA), Pasar Busana, Nasyiah Talk, Nasyiah Fest, dan Pengajian Tahun Baru Muharam 1446 H. “Ini menunjukkan diaspora dari NA. Ada aspek spiritual, dakwah, menjaga kesehatan olahraga, ekonomi, dan tetap tampil cantik juga jalan,” ucapnya.

Sementara, Dina bersyukur NA dapat memasuki usia 96 tahun. Ia mengaku NA banyak dihadapi aneka permasalahan kompleks, salah satunya kemanusiaan. Maka, gotong royong menjadi spirit utama untuk menyelesaikannya, sehingga ditetapkan sebagai tema utama pada milad kali ini.

“Perlu gotong royong untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kemanusiaan. Mestinya kita bersama-sama gotong royong karena sesuai prinsip Khairunnas Anfa’uhum Linnas. Ini menjadi prinsip NA agar seluruh komponen NA memberikan perannya membangun organisasi dan membantu masyarakat di sekitar,” tuturnya.

Dina menyebut dalam konteks kemanusiaan semesta, gotong royong mengacu semangat kerja sama dan ta’awun untuk mencapai kesejahteraan bersama. “Dengan memperkuat semangat ini, kita dapat memperluas dampak positifnya dan menciptakan dunia lebih berkeadilan dan berkelanjutan bagi semua orang,” katanya.

Di sisi lain, Zulkifli mengingatkan pra-kemerdekaan, perjuangan Muhammadiyah begitu rupa. Banyak tokoh Muhammadiyah ikut andil dalam momen itu seperti Ki Bagus Hadikusumo, Kasman Singodimedjo, Soekarno, dan lainnya sehingga mewarnai Indonesia. “Jadi boleh dikatakan Muhammadiyah itu yang melahirkan Republik Indonesia,” tegasnya.

Mantan Ketua MPR RI ini berharap peran Muhamamdiyah dan Aisyiyah, termasuk di dalamnya ortom seperti NA, dapat terus digeliatkan. Perannya dapat berkontribusi membangun Indonesia maju di masa depan.

“Maka, peran penting itu harus terus-menerus dilakukan, sehingga Muhammadiyah bisa menjadi kompas bagi anak bangsa untuk membuat Indonesia maju. Saya mengajak NA berperan besar ikut melakukannya. NA harus menjadi inspirasi, model, contoh bagi anak negeri lainnya,” tandasnya. (Cris/Alle/Lika/Fab)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Aat S Safaat, Wartawan Lulusan HI Meliput Hutan dan Sawah Sebagai seorang yang belajar di Program S....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka menguatkan kembali peran dan fungsi instruktur, DPD....

Suara Muhammadiyah

13 October 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Pada Sabtu (14/10), Ketua PP Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman, memberi....

Suara Muhammadiyah

14 October 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - CEO Eurojob Jerman, Mr. Marco Kunert menjelaskan salah satu tantangan t....

Suara Muhammadiyah

10 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial Pimpinan Pusat  (MPKS P....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah