Guyub, Fortasi IPM Pesantren Muhammadiyah At-Tanwir

Publish

17 July 2024
ipm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
156
Foto Istimewa

Foto Istimewa

METRO, Suara Muhammadiyah - Pondok Pesantren (Pontren) Muhammadiyah At-tanwir adakan Kegiatan Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (Formasi)bersama santri baru. Diikuti oleh seluruh santriwan-santriwati baru SMP dan SMA Pontren Muhammadiyah At-tanwir Kota Metro sebanyak 290.

Upacara pembukaan Fortasi dilaksanakan di Sport Center Lapangan Futsal Pontren setempat, pada Senin, 15 Juli 2024.

Sebagaimana diketahui bersama, fortasi adalah kegiatan yang terprogram secara sistematis dan terpadu. Sebagai upaya menumbuhkan dan membentuk kader tangguh, peka sosial serta merangsang kesadaran berkarya. Merangsang mengembangkan minat dan potensi yang ada pada siswa ketika memasuki sekolah Muhammadiyah dan terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dengan segala kegiatan yang berlangsung di sekolah.

Firdaus Armansyah selaku Ketua Umum PW IPM Lampung menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk Pimpinan Ranting SMP dan SMA Muhammadiyah At-tanwir Kota Metro yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan yang begitu baik dan menarik yaitu forum ta’aruf dan orientasi. Mudah-mudahan kegiatan ini akan berdampak baik untuk semua.

Ia menjelaskan bahwa Ikatan Pelajar Muhammadiyah tugasnya bagaimana mendidik dan mengarahkan anak-anak yang tidak hanya cerdas dalam akademik, tidak hanya cerdas dalam akidah, yang bagus akhlaknya tapi juga punya kemampuan yang baik.

“Dalam dunia kerja saat ini temen-teman itu bukan dipandang nilai matematika nya, bukan dipandang dari nilai IPA, tapi dari bagaimana teman-teman dapat bersosialisasi dengan baik,” ujar Firdaus Armansyah.

Menurutnya, ilmu pengetahuan bukan menjadi satu-satunya untuk mencapai kesuksesan. Juga penting untuk selalu berinovasi, semangat belajar terkhusus belajar agama.

Sementara itu, Dr. Ahmad Sujino, M.Pd.I selaku Direktur Pondok Muhammadiyah At-Tanwir Kota Metro dalam sambutannya mengatakan bahwa fortasi bagi pondok adalah kewajiban karena salah satu tujuannya membentuk karakter jiwa kader yang tangguh.

“Ciri khas ketangguhan kader ipmawan adalah dia tidak akan pudar, tidak akan mengeluh, dengan terik panasnya sang surya matahari dan tidak sakit-sakitan,” terangnya.

Ia menegaskan bahwa kader yang kuat, kader yang tangguh lebih dicintai Allah daripada kader yang lemah.

“Maka ketika acara fortasi ini dimulai sampai dengan selesai anda tetap tegak disini berarti anda menjadi bagian dari hadits nabi Al-Mu’minun: qowiyyun khoirul wahabu ilallah minal mu’minun khoir,” tegas Sujino.

Acara pembukaan berjalan dengan khidmat dilanjutkan dengan penyematan perwakilan siswa-siswi baru.

Turut Hadir dalam acara ini, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Lampung, Direktur Pondok Pesantren Muhammadiyah At-tanwir Kota Metro, Kepala SMP dan SMA Muhammadiyah At-tanwir Kota Metro, Dewan Guru, Musyrif-musyrifah dan jajaran PR IPM SMP & SMA Muhammadiyah At-tanwir Kota Metro.

(Hasip/Noval)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Ratusan mahasiswa dan dosen prodi Manajemen UM Bandung melakukan....

Suara Muhammadiyah

7 June 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – RS Islam Jakarta Cempaka Putih merayakan milad ke-53 pada Selasa....

Suara Muhammadiyah

25 June 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Setelah menjalani pembelajaran selama tempo 3 tahun, sebanyak....

Suara Muhammadiyah

23 June 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah -  ”Kita diberi kekuatan dan kesempatan untuk melaksanakan....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Keluarga besar Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Aceh menyelenggarakan Sila....

Suara Muhammadiyah

3 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah