Haflatul Akhiru Sanah MBS Al Hikmah, Mudir Ungkap Jiwa Santri

Publish

13 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
160
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANYUWANGI, Suara Muhammadiyah – Mengambil tempat di Auditorium Edotel SMK Muhammadiyah 8 Siliragung, Banyuwangi, Jawa Timur, tepat pukul  07.55 prosesi haflatul akhiru sanah Muhammadiyah Boarding School (MBS) Al Hikmah Gambiran dimulai. Dipandu oleh 2 Master Ceremony dengan 2 bahasa Indonesia dan Arab pada Minggu, (9/6/2024).

Prosesi pelepasan santri dengan tema Melewati Batas Keterbasan Menuju Pesantren Gemilang diawali dengan berbagai tampilan dari santriwan dan santriwati kelas VIII dan V. Wali santri dihibur dengan tampilan drama teatrikal, pidato 2 bahasa yakni arab dan inggris, serta atraksi tapak suci. Semua ini sebagai bagian dari ektrakurikuler yang diberikan ponpes kepada para santri.

Mudir MBS Al Hikmah, Arif Maeshwal Nur Jagad mengatakan haflatul akhiru sanah tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab mereka yang lulus adalah para santri yang saat belajar bersamaan dengan masa covid-19, serta transisi dari pengelolaan dan manajemen mudir lama kepada mudir baru. 

“Pesan kami pada santri yang hari ini selesai belajar disini, jadilah santri yang berjiwa SANTRI. S dalam arti Sholih, kemudian A adalah Akhlak, lalu huruf N berarti Nafidz atau dapat memberi manfaat, yang selanjutnya adalah T yaitu Tawadu’, berikutnya R artinya Rois atau berjiwa pemimpin dan terakhir I yakni Istiqomah,” tegas Arif saat memberi sambutan. 

Acara menjadi hening tatkala mudir memberi kesempatan pada wakil santri untuk mendapatkan uji publik dan kompetensi hasil belajar mereka selama ini. Empat santri mendapat kesempatan untuk melanjutkan bacaan Al-Qur’an yang dibaca mudir sekaligus arti dalam terjemahan Indonesia. Yang dilanjut kemudian dengan tata bahasanya (nahwu shorof) dan arti kata perkata berikut maknanya.

Hadir pada pelepasan santri ini para pengasuh, pengelola dan pengajar MBS Al Hikmah, PDM Banyuwangi, PCM Gambiran, Ketua LP2M (Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah) PDM Banyuwangi, serta para wali santri dari kelas VIII dan VII.

PDM Banyuwangi menyampaikan terima kasih kepada mudir, pengelola dan pengajar di MBS Al Hikmah yang sudah mengabdi dan membimbing para santri. Dengan selesainya mereka belajar dijenjang ini tentu tidak berhenti disini, para santri diminta untuk terus mengembangkan potensi dan keilmuan ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. 

“Anak muda itu masih panjang langkahnya, maka bekali diri kalian saat ini dengan perbanyak ilmu. Jika sudah saatnya nanti kalian akan berkarya dan berkarir, dalam bidang apapun. Karena itu manfaaatkan selama orang tua kalian masih memiliki kemampuan untuk membiayai kalian belajar,” ujar Ali Mukmin, PDM Banyuwangi dan Ketua Majelis Tarjih.

Diakhir prosesi PDM Banyuwangi dan Mudir MBS Al Hikmah memberikan penyematan kelulusan kepada para santri. Tidak itu saja, pengasuh dan pengajar juga diberi kesempatan untuk memberikan cindera mata. Tidak lupa para wali santri pun saling berbagi kebahagiaan bersama para putra-putri mereka yang telah menyelesaikan proses belajar setingkat SMP/MTs. (Rizkie Andri)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir meresmikan ....

Suara Muhammadiyah

9 March 2024

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Penyerahan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Bidang Pendidikan (KKN DIK) b....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhamamdiyah bidang Pendidikan, Kebudaya....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP....

Suara Muhammadiyah

15 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashi....

Suara Muhammadiyah

28 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah