KLATEN, Suara Muhammadiyah - Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Klaten mengadakan kuliah pakar advertising pada Jumat (5/5) dengan mengangkat tema tentang Copywriting for Succesfull Branding. Kegiatan ini diisi oleh Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si dosen pakar copywriting dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Sedangkan sebagai moderator adalah Ladyva Aurellia Mahasiswa UMKLA.
Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi UMKLA Dani Kurniawan dalam sambutan menyampaikan copywriting merupakan hal penting dalam advertising. Copywriting merupakan tools untuk merumuskan bahasa iklan yang sifatnya persuasif dan memikat kepada konsumen.
“Oleh karena itu, melalui kuliah pakar ini menjadi sarana belajar bagi mahasiswa untuk mengenal dan mendalami tentang copywriting. Di sini mereka bisa mengetahui teknik atau strategi dalam menyusun bahasa iklan secara soft selling,”tuturnya.
Sementara itu, Oktaviana Purnamasari dalam webinar menjelaskan untuk membangun branding yang kuat dibutuhkan copywriting yang hebat. Merumuskan copywriting yang hebat harus dimulai dengan mengetahui terlebih dahulu siapa target audiens dari brand. Kemudian salah satu strategi menyusun copywriting yang baik yaitu dengan pendekatan empatik kepada masyarakat.
“Pernah ada suatu brand dalam memperingati hari disabilitasi, konten copywriting menceritakan tentang kisah perusahaan itu telah berhasil merekrut karyawan berjumlah lebih dari 100 orang dengan background disabilitas. Hal ini, tentu akan membentuk persepsi positif yang kuat di benak konsumen kepada brand tersebut,”katanya.
Kegiatan inipun diikuti puluhan mahasiswa yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) seperti Universitas Muhammadiyah Klaten, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Universitas Muhammadiyah Mahakarya (UMMAH) Aceh dll.