Inovatif, STMIK Muhammadiyah Paguyangan Kembangkan SPM Online

Publish

13 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
137
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BREBES, Suara Muhammadiyah - Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Muhammadiyah Paguyangan Brebes baru saja menyelesaikan proyek penelitian inovatif yang fokus pada pengembangan Sistem Informasi Penjaminan Mutu Online untuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah atau 'Aisyiyah (PTMA) dengan memanfaatkan Framework Laravel. Penelitian ini dipimpin oleh Ryan Fitrian Pahlevi bersama Ela Kristi Permatasari dan M. Seto Parikesit dari Program Studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika STMIK Muhammadiyah Paguyangan Brebes.

Ketua Peneliti Ryan Fitrian Pahlevi mengungkapkan, penelitian ini menjawab tantangan yang dihadapi oleh PTMA dalam mengelola dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Mengacu pada Undang-undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, PTMA memiliki empat fungsi utama yang dikenal dengan caturdharma, meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Implementasi Sistem Penjaminan Mutu (SPM) yang efektif sangat penting untuk memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan.

" Framework Laravel dipilih karena kemampuannya dalam menyediakan arsitektur Model-View-Controller (MVC) yang memudahkan pengembangan sistem yang terstruktur dan terorganisir. Laravel juga dikenal dengan sistem Template Blade yang intuitif serta fitur keamanan yang kuat, yang sangat mendukung dalam menciptakan aplikasi web yang andal dan efisien," katanya.
 
Penelitian ini, lanjut Ryan, bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penggunaan Laravel dapat digunakan dalam menggembangkan Sistem Informasi untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas manajemen mutu di PTMA. Dalam proses pengembangan, tim peneliti melakukan studi literatur dan analisis mendalam mengenai mutu pendidikan tinggi serta standar penjaminan mutu internal dan eksternal yang diterapkan oleh PTMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Laravel tidak hanya memudahkan dalam pengembangan sistem informasi penjaminan mutu, tetapi juga mampu memberikan solusi yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik PTMA.

" Hasil dari proyek ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi institusi pendidikan tinggi lainnya dalam meningkatkan mutu pendidikan dan mencapai standar mutu yang telah ditetapkan. Dengan sistem ini, PTMA diharapkan dapat merencanakan, memantau, mengevaluasi, mengendalikan, dan mengembangkan kegiatan pencapaian mutu pendidikan tinggi secara lebih efisien dan efektif," pungkasnya.


Komentar

VIQI NURSEKHA

Baarakallaah, semoga terus berkembang dan dimanfaatkan secara luas

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Salah satu ciri dari perguruan tinggi yang berkualitas adalah ....

Suara Muhammadiyah

24 July 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berhasil meraih 2 gelar ju....

Suara Muhammadiyah

9 May 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Ribuan jamaah memadati pelataran Gedung Rektorat Lama Universit....

Suara Muhammadiyah

19 June 2024

Berita

KENDAL, Suara Muhammadiyah - Kejuaraan Tapak Suci Darul Arqam Championship (TSDAC) VII, 4-7 Januari ....

Suara Muhammadiyah

13 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) b....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah