Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual”

Publish

22 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
165
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menggelar kampanye kesehatan mental dan jalan sehat. Kampanye kesehatan mental dilaksanakan di lobby Gedung AR. Fachruddin B, sementara jalan sehat dilakukan dengan mengelilingi kampus UMY pada pagi ini selasa (21/5). Dihadiri ratusan mahasiswa aktif UMY, kali ini kampanye mengusung tema “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual'.

Muhammad Arif Rizqi, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Kepala Divisi Konseling dan Kesejahteraan Mahasiswa LPKA UMY mengatakan bahwa tema atau kedua isu tersebut diangkat sebagai bentuk perjuangan melawan segala bentuk penindasan yang bersifat fisik, psikologis, maupun seksual. 

“Siapapun yang sudah ada hadir berdiri di sini artinya kita semua menunjukkan kepedulian. Kita semua siap untuk bersama-sama memperjuangkan kesehatan mental yang lebih baik, termasuk di hari ini tema kita yaitu tentang stop bullying dan kekerasan seksual,” kata Arif.

Ia juga menyampaikan, sebagai bentuk upaya UMY dalam memperjuangkan dan mendukung kesehatan mental, UMY melalui LPKA menyediakan layanan konseling yaitu konselor sebaya, sehingga ia mengajak seluruh mahasiswa untuk dapat menyampaikan keluhan serta keresahannya melalui layanan yang telah disediakan. 

“Yang paling penting isu-isu tersebut tidak akan bisa hilang kalau kita tidak memperjuangkan atau menyuarakannya, sehingga mudah-mudahan ini menjadi inspirasi bagi kita semuanya untuk melawan segala bentuk kekerasan seksual dan juga bullying tadi,” tandasnya. 

Sementara itu,  kepala LPKA UMY, Dr. Rifki Febriansyah, S.Farm., M.Sc., apt., mengaku optimis kampus UMY akan bebas terhindar dari segala bentuk bullying dan kekerasan seksual dengan terus membawa misi ini secara rutin, terutama bagi akademisi dan juga civitas akademika UMY. 

“Bentuk dukungan teman-teman mahasiswa sangat luar biasa, sehingga saya optimis, Insyaa Allah kampus UMY akan bebas dan terhindar dari kejadian bullying dan juga kekerasan seksual. Alhamdulillah acara ini bisa diadakan oleh LPKA secara regular atau rutin. Ini acara luar biasa ditambah pelayanan konseling yang kita juga selalu lakukan setiap hari, kalau ada yang ingin disampaikan kepada tim konselor, silahkan segera ke konseling LPKA UMY,” terangnya.

Pada kesempatan ini, acara juga dilengkapi dengan pembubuhan cap tangan secara simbolik di atas spanduk, dilanjutkan dengan jalan sehat bersama dan sarapan bersama dalam agenda Serasa Masa (Selasa Sarapan bersama Mahasiswa) yang juga rutin dilaksanakan oleh UMY setiap hari Selasa dengan menyediakan 350 porsi makanan. 

Kampanye kesehatan mental dan jalan sehat ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh civitas akademika UMY untuk terus melawan segala bentuk bullying dan kekerasan seksual, serta menjaga kesehatan mental bersama. (Mut)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KOTAGEDE, Suara Muhammadiyah – Masjid Adz-Dzikra Cokroyudan Kotagede Yogyakarta menyelenggarak....

Suara Muhammadiyah

11 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Selama periode 2015-2021, Komnas Perempuan menerima 67 laporan kasus ....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mayoritas undangan yang hadir berpeci hitam, mengenakan setelan bat....

Suara Muhammadiyah

2 May 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sewon Utara menyelenggarakan r....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah- Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ekonomi dan ....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah