Kepemimpinan dan Komunikasi Kunci keberhasilan Pendidikan

Publish

27 August 2024
pdm
bks

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
88
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal (Dikdasmen PNF) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Badan Kerja sama Sekolah (BKS) SMP Muhammadiyah Kabupaten Sleman pada Selasa (27/8) di Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

 Dalam kegiatan ini, diadakan Seminar Pendidikan dengan tema “Empowering Leadership for Effective Communication”. Seminar ini menghadirkan Eka Budi Santoso, MPd., MIKom., Med., CPR, Kabid Humas, Marketing & Medikolegal RS UAD.

Dalam paparannya, Eka menegaskan kepemimpinan yang baik merupakan kunci keberhasilan dalam membawa organisasi. Dalam kaitan ini sekolah yang baik adalah sekolah yang bisa memberikan kepemimpinan yang baik untuk menjadikan sekolah yang unggul berkemajuan. Tolak ukur dari sekolah yang unggul berkemajuan itu, harus bisa beradaptasi dengan perubahan zaman, seraya memberikan pengalaman yang positif untuk sekolah-sekolah lainnya.

“Tapi buatlah segala sesuatu yang positif,” ucapnya. 

Eka mengatakan pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa memberikan contoh yang baik kepada anggotanya. Demikian juga halnya dengan kepala sekolah dan guru. Dimana harus bisa menjadi pemimpin untuk memberikan perubahan bagi dunia pendidikan. 

“Pemimpin adalah yang bisa menerjemahkan visi misi kepada kenyataan,” urainya.

Eka mengungkapkan, sebagai tenaga pendidik harus bisa memberikan layanan terbaik kepada orang lain. Karena tenaga pendidikan merupakan pemancar suluh menyemai benih-benih pengetahuan kepada masyarakat untuk mencerdaskan kehidupan. 

“Bapak dan ibu sebagai guru juga pelayan, maka servis yang baik diperlukan disana. Servis itu mentransfer kebahagian kita kepada orang lain, makanya kita harus bahagia sebelumnya,” ungkapnya.

Eka mengingatkan tenaga pendidikan itu selain bisa memimpin, disaat yang sama harus bisa cerdas berkomunikasi. Karena lewat komunikasi inilah menjadi parameter dari kesuksesan sebagai tenaga pendidikan.

“Suksesnya seseorang, dapat dilihat dari bagaimana ia berkomunikasi. Kalo ada orang yang komunikasinya bagus, saya pastikan relasinya bagus, dia akan berhasil di semua lini,” katanya.

Selain itu, Eka juga mengatakan kesuksesan akan berhasil jika bisa meningkatkan kualitas etika dan sikap yang baik ketika berhadapan dengan orang-orang di luar sana. (Fab/Alle)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Tutup Pesmaba UMM, Kapolri Dorong Mahasiswa Ciptakan Masa Depan dengan Gagasan MALANG, Suara Muhamm....

Suara Muhammadiyah

16 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi ....

Suara Muhammadiyah

6 April 2024

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Komunitas Rumah Sakit ‘Aisy....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Banyak orang salah kaprah dalam mengartikan tujuan pembelajaran, di ma....

Suara Muhammadiyah

14 June 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Condongcatur kembali menggelar upacara pelantikan....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah