KKN Internasional, Mahasiswa PGSD UMP Siap Terlibat dalam Pengabdian

Publish

31 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
215
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melepas sejumlah mahasiswa yang akan mengikuti Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kemitraan Internasional. Program tersebut merupakan bagian dari program Kuliah Kerja Nyata Kemitraan Internasional (KKN KI) dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemitraan Internasional (PKM KI) Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah Angkatan 10.

Sejumlah mahasiswa yang akan mengikuti KKN Internasional antara lain Pegita Purwaningsih semester 6 di SB Hulu Kelang, Monica Bella Anggelia semster 6 di At Tanzil Cheraz, dan Anggun Victory Abdul Rohman semester 6 di SB Kepong.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama UMP, Saefurohman PhD, mengatakan KKN Internasional ini merupakan bagian dari manifestasi Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah. Program ini bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis dan berpikir kritis dengan berbasis pada proses dan hasil pengabdian kepada masyarakat yang adaptif, progresif, dan moderatif.

"Mengirim mahasiswa untuk terlibat langsung di tengah masyarakat di luar kampus adalah bentuk nyata dari komitmen UMP untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa dan dosen. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat mengidentifikasi serta menangani berbagai kompleksitas masalah yang dihadapi oleh masyarakat sasaran internasional," ujar Saefurohman saat dikonfirmasi di Purwokerto, Rabu (30/1/2024). 

Wakil Dekan III Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMP, Dedy Irawan MPd mengatakan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan mutu kompetensi lulusan dan menyiapkan lulusan yang dapat menyebarluaskan inovasi pembelajaran melalui pengabdian kepada masyarakat yang adaptif, progresif, dan moderatif.

"Peserta program ini diharapkan dapat melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran, berkontribusi pada pengembangan masyarakat setempat, serta menghasilkan luaran berupa artikel publikasi ilmiah yang berkualitas," ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini menandai langkah UMP dalam mendukung pengembangan kapasitas mahasiswa dalam konteks global, menjadikan mereka sebagai agen perubahan yang mampu beradaptasi dengan dinamika masyarakat internasional. 

“Semoga melalui program ini, mahasiswa dapat menjadi insan akademis yang memiliki wawasan luas dan kemampuan bertindak progresif di dunia internasional,” katanya.

Kaprodi PGSD UMP Aji Heru Muslim MPd, menambahkan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan mutu kompetensi lulusan dan menyiapkan lulusan yang dapat menyebarluaskan inovasi pembelajaran melalui pengabdian kepada masyarakat yang adaptif, progresif, dan moderatif.(tgr)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Lika-liku Perjalanan Menghadiri Milad Aisyiyah ke-107 di Palopo Oleh: Nurhira Abdul Kadir, Ketua Di....

Suara Muhammadiyah

27 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) pada Sabtu ....

Suara Muhammadiyah

9 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muha....

Suara Muhammadiyah

21 May 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Talkshow Sustaina....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir,....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah