KOKAM DKI Jakarta Gelar Diklatsar Tekankan Sejarah

Publish

9 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

3
264
Kokam Jakarta

Kokam Jakarta

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta gelar Pembukaan Pendidikan dan Latihan Dasar Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Diklatsar Kokam), di Gedung Muhammadiyah DKI Jakarta, kamis  (8/2).

Pembukaan diklatsar kokm dihadiri oleh Wakil Ketua MPR RI, Dr. Hidayat Nur Wahid, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta, Dr. Akhmad H. Abu Bakar, Ketua Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta, Zulfahmi Yasir Yunan dan Sekretaris Komandan Nasional. 

Wakil Ketua Bidang Kokam PWPM DKI Jakarta, Yuda Riyanto melaporkan  kegiatan diklatsar kokam kali ini  di ikuti oleh 58 peserta, selama 3 hari mulai dari tanggal 8 sampai 10 Februari 2024 yang diadakan di 2 tempat yakni di Gedung Dakwah Muhammadiyah DKI Jakarta dan di Bumi Perkemahan Mega Mendung, Jawa Barat. 

 
Selanjutnya, Dalam sambutannya Ketua Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta menyampaikan sejarah kokam yang lahir di Jakarta Selatan tepatnya komplek Perguruan Muhammadiyah Kebayoran Baru Jl. Limau, 

"KOKAM dibawah naungan Pemuda Muhammadiyah ini, sudah banyak berperan, khususnya dalam menjaga keutuhan NKRI dan Muhammadiyah. 

"Tujuan kokam secara garis besar ada tiga, yang pertama ialah Mempertahankan ukhuwah islamiyah, lalu Menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI, dan yang ketiga adalah sebagai Pengamanan misi kemanusiaan, dengan slogan kokam perkasa, yang merupakan anonim dari pertahankan kalimat syahadat" ujar Ketua Zulfahmi yang sekaligus dosen di salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah. 

Senada yang disampaikan oleh ketua PWPM DKI Jakarta, Akhmad Abu Bakar, ketua PWM DKI Jakarta mengatakan terimakasih kepada Pemuda Muhammadiyah yang telah mencetak kader kader muda untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga aset muhammadiyah.

Keberadaan Kokam adalah bukti bahwa Muhammadiyah senantiasa hadir menjaga keutuhan Bangsa, kalau dilihat lirik mars kokam, Tauhid ilmu dan amal adalah senjata, ini maknanya begitu mendalam 

“ini lirik mars kokam sangat dalam maknanya Tauhid ilmu dan amal adalah senjata, Kekuatan sejati ada di hati
Kekuatan sejati adalah nurani" 

Hadir juga wakil ketua MPR RI Dr. Hidayat Nur Wahid yang juga menyampaikan bahwa Muhammadiyah itu besar karena ada perkaderan nya, karena kader itu amat sangat penting. Oleh karena itulah Muhammadiyah besar. 

“Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta yang juga Panglima Kokam DKI jakarta yang turun langsung saat pembukaan dan menyatakan bahwa seluruh peserta yang hadir merupakan bagian dari sejarah dimasa depan" ujar Sapaan akrabnnya HNW. 

Diharapkan peserta Diklatsar Kokam ini dengan semangat militannya agar dapat menjaga nama baik Muhammadiyah terlebih lagi dan juga menjaga agama islam pada umumnya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PALESTINA, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah kembali memberikan kejutan dengan menembus blokad....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - TK Unggulan Aisyiyah Mardi Putra merayakan puncak acara Milad ke-73, Sa....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Berita

YOGAYAKARTA, Suara Muhammadiyah – PRM Prenggan Kotagede telah melakukan Musyawarah Ranting (Mu....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Berita

KUALA KAPUAS, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kapuas H.Kamaruddin AK m....

Suara Muhammadiyah

30 October 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Ketua LPO PP Muhammadiyah sekaligus Wakil Rektor Bidang Kemahasis....

Suara Muhammadiyah

2 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah