Lazismu Jateng Sabet Penghargaan Lazismu Terbaik Nasional pada Rakernas 2024

Publish

27 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
262
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah – Lazismu Jawa Tengah menutup akhir tahun dengan gemilang, meraih berbagai penghargaan salah satunya adalah pemenang kategori Lazismu terbaik Nasional dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024 yang dilaksanakan di Palembang pada Jumat-Ahad (24-26/11).

Salah satu rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lazismu 2024 adalah penyerahan penghargaan tahunan yaitu Lazismu Award. Lazismu Award diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada capaian dan prestasi yang diraih, baik oleh kantor-kantor Lazismu maupun amil secara perorangan. Penyerahan Lazismu Award dilakukan pada Jumat malam (24/11) mengiringi pembukaan Rakernas yang dihadiri oleh perwakilan Lazismu tingkat wilayah dari berbagai provinsi di Indonesia. 

Dalam Perhelatan Rakernas tersebut ada 6 kategori yang diperebutkan dalam Lazismu Award tahun ini, yaitu Pertumbuhan ZISKA Terbaik, Kreativitas Penghimpunan ZISKA Terbaik, Pendistribusian dan Pendayagunaan Kreatif dan Inovatif Terbaik, Laporan Terbaik, Amil Terbaik, dan Lazismu Terbaik. Untuk kategori Pendistribusian dan Pendayagunaan Kreatif dan Inovatif Terbaik terbagi menjadi 6 Program Terbaik, yaitu Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Sosial Dakwah, Kemanusiaan, serta Lingkungan.

Dari kategori penghargaan yang diberikan oleh Lazismu Pusat, separuhnya ditambah enam nominator diborong oleh Lazismu Jawa Tengah. Salah satunya pemenang kriteria puncak yakni Lazismu Terbaik Nasional. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat kepada Ketua Badan Pengurus Lazismu Wilayah Jawa Tengah, Dwi Swasana Ramadhan, S.E., M.SEI., Ak., CertDA

Selain dinobatkan sebagai Lazismu Terbaik Nasional 2023, Lazismu Jateng juga dinobatkan sebagai Lazismu dengan pelaporan keuangan dan tata kelola terbaik serta sebagai amil terbaik atas nama Ikhwanushoffa selaku Manajer Area Lazismu Jawa Tengah.

Lazismu Jateng juga masuk nominasi kategori pertumbuhan ziska terbaik, kreatifitas penghimpunan ziska Terbaik tahun 2023 (berhasil retail di 35 daerah) serta Pendistribusian dan Pendahayahgunaan yang Kreatif dan Inovatif  Terbaik yang meliputi: program pendidikan terbaik (bakti guru), program ekonomi terbaik (pemberdayaan UMKM), program kemanusiaan terbaik (gerakan penanganan kekeringan serentak se-Jawa Tengah), serta program kesehatan terbaik (gerakan serentak cegah stunting).

Prestasi Lazismu Jateng mendapatkan apresiasi dari ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng, Tafsir. Ia ikut bersyukur atas raihan sebagai Lazismu Terbaik Nasional 2023. "Atas nama pribadi dan PWM menyatakan Alhamdulillah, selamat dan sukses, ikut bersyukur dan gembira atas penghargaan Lazismu PP Muhammadiyah untuk Lazismu Jateng sebagai Lazismu terbaik nasional. Semoga Lazismu Jateng semakin unggul berkemajuan," ungkapnya.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Jawa Tengah yang kerap disapa Rama menuturkan Alhamdulillah,Puji Syukur kepada Allah Lazismu  Jawa Tengah dibimbing, dimudahkan dalam urusannya mengelola dana zakat, dan mendapatkan prestasi terbaik. 

Dosen UIN Walisongo tersebut juga menambahkan “kami sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah atas dukungannya selama ini kepada Lazismu Jawa Tengah, kerjasama dan bantuan dari seluruh Lazismu Daerah Se-Jawa Tengah, Kantor Layanan Lazismu Jawa Tengah, Majelis, Lembaga, Organisasi Otonom Muhammadiyah Jawa Tengah sehingga Lazismu Se-Jawa Tengah mendapatkan berbagai penghargaan dari Lazismu Pusat.

Prestasi yang diraih Lazismu Jawa Tengah adalah semata-mata atas kesungguhan teman-teman Amil di seluruh Jawa Tengah. "Prestasi ini adalah hasil dari kinerja amil Lazismu se-Jawa Tengah, sangat membanggakan dan sekaligus menjadi cambuk untuk para amil Lazismu untuk terus bermuhasabah dalam meningkatkan kinerja," ujarnya. (Sardiman)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah - Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) baru sa....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) Pimpinan ....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Muhammad Zair Baitil Atiq mahasiswa prodi Hubungan Internasional (HI) b....

Suara Muhammadiyah

19 March 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Hidup manusia itu dikendalikan oleh dua hal, yang pertama nafsu dan ked....

Suara Muhammadiyah

21 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan P....

Suara Muhammadiyah

18 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah