Lazismu Payakumbuh Salurkan Bantuan Pendidikan Rp 120 Juta

Publish

11 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
96
Istimewa

Istimewa

PAYAKUMBUH, Suara Muhammadiyah -- Lembaga Amil Zakat dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Payakumbuh menyalurkan bantuan pendidikan untuk pelajar tahun 2024, Ahad (11/8/2024). 

Dalam sambutannya, Ketua PD Muhammadiyah Kota Payakumbuh, Buya Irwandi Nashir mengatakan Muhammadiyah adalah gerakan Islam yang memegang peranan krusial dalam pengembangan pendidikan dan peningkatan kesejahteraan sosial di Indonesia.  Melalui Lembaga Amil Zakat Indak dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu), Muhammadiyah telah menjembatani solidaritas antar sesama anak bangsa bahkan meluas ke dunia internasional dan menanamkan harapan serta dukungan yang lebih luas bagi  kebahagiaan bagi seluruh umat manusia. 

Menurutnya, Muhammadiyah telah berperan sebagai agen perubahan dalam memperjuangkan akses pendidikan merata di Indonesia. Mereka tidak hanya mendirikan sekolah-sekolah dan universitas, tetapi juga meluncurkan program-program beasiswa, pelatihan guru, dan mengembangkan kurikulum berbasis nilai-nilai Islam. Langkah-langkah ini bertujuan memperluas harapan dan solidaritas di tengah masyarakat.

Ketua Lazismu kota Payakumbuh, Drs. H. Elnigra Dt. Cumano, menyebutkan, Lazsimu kota Payakumbuh  kembali salurkan dana bantuan pendidikan sebesar Rp. 120.300.000,- untuk 255 pelajar, terdiri dari 108 orang pelajar Sekolah Lanjutan Pertama, dan 147 pelajar Sekolah Lanjutan Atas. Dana itu berasal dari dana zakat yang dialokasikan untuk mereka yang tergolong fii sabilillaah, yaitu orang yang berjuang di jalan Allah dalam bentuk kegiatan menuntut ilmu.

Lazismu kota Payakumbuh dalam menjalankan perannya sebagai penghimpun dana dan penyaluran dana zakat kepada masyarakat, sebut H. Elnigra Dt. Cumano, bekerja secara profesional, diawasi oleh dewas pengawas syariah, dan diaudit secara berkala.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - 20 peserta perwakilan lintas iman dari berbagai wilayah di Indonesia, ....

Suara Muhammadiyah

4 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sumber energi yang masih terpusat kepada penggunaan fosil dipandang....

Suara Muhammadiyah

24 December 2023

Berita

PONOROGO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Ponorogo melaks....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Berita

ABUDHABI, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama rombongan beberapa rektor P....

Suara Muhammadiyah

6 February 2024

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati hari milad Nasyiatul 'Aisyiyah ke-93/96, P....

Suara Muhammadiyah

10 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah