Lima Fungsi Masjid Menurut KH Jazir

Publish

28 September 2023
prm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
683
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KLATEN, Suara Muhammadiyah - Ta'mir Masjid Jami' Karang Dowo menggelar Kajian/ Tabligh Akbar dengan tema “Dari Masjid Umat Bangkit”, Rabu, 27 September 2023. Tabligh Akbar menghadirkan Ustadz KH Muhammad Jazir ASP dari Masjid Jokokariyan Yogyakarta.

 Acara diawali shalat isya berjama'ah dilanjutkan dengan kajian. Dalam sambutannya Sugeng Rohani mewakili Ta'mir menyatakan bahwa Masjid Jami Karang Dowo (MJK) bebarapa tahun lalu melakukan rehab selama 1 tahun dan saat ini sudah selesai dengan sebuah bangunan yang megah representative. Sehingga para jama'ahnya  dalam melakukan ibadah nyaman dan khusuk. Serta ke depannya kajian seperti ini bisa digelar sebagai bentuk syiar dan memakmur masjid.

Ustad KH Muhammad Jazir ASP dalam pemaparannya menguraikan tentang Fungsi Masjid. Antara lain, pertama, masjid merupakan Baitullah (Rumah Allah) yang mana berfungsi sebagai membangun hubungan antara hamba dengan sang khaliKedua, Baitul Maal, yaitu masjid merupakan tempat dimana umat /masyarakat /rakyat untuk melakukan bersosialisasi apabila umat masyarakat membutuhkan. Di situlah masjid hadir membantu dalam mengatasi masalah dengan memanfaatkan dari Maal tersebut .

Ketiga, Baitul Tarbiyah, masjid berfungsi sebagai tempat mendidik/mengkader generasi muda dengan memberikan fasilitas kemuahan. Jika ada anak yang ingin melanjutkan studinya namun keluarga tidak mampu maka masjid harus hadir.

Keempat, Baitul Muamalah yaitu masjid berfungsi sebagai tempat atau wahana dalam memecahkan persolan umat baik ekonomi, budaya dan lain sebagainya. Kelima, Baitul Syiasah (Syiasyi) yang mana masjid berfungsi untuk memberikan sebuah tempat untuk memberikan pendidikan politik Keumatan dan kebangsaan. (rz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Suasana kehangatan menyertai acara pengukuhan Pimpinan Ranting 'A....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Berita

Gerakan Beternak Ayam Petelur Fungsional MPM PP Muhammadiyah SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Ing....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Berita

TANGERANG, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 72 koleksi busana karya talenta-talenta mode dari satuan pe....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah –  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara akan menggelar ....

Suara Muhammadiyah

15 September 2023

Berita

BANDARSERIBEGAWAN, Suara Muhammadiyah - Kunjungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ke ....

Suara Muhammadiyah

21 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah