Luncurkan Website Baru, Dakwah Digitalisasi PCM Kotagede Mulai Bergerak

Publish

21 December 2023
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
212
Doc. PCM Kotagede

Doc. PCM Kotagede

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kotagede telah meluncurkan website atau laman resmi. Peluncuran ini dilakukan dalam agenda rapat kerja (raker) PCM Kotagede pada Sabtu (9/12/2023) di Aula Masjid Islamic Center UAD Kampus 4, Banguntapan, Bantul, DIY. Laman resmi PCM Kotagede berada di bawah pengelolaan Majelis Informasi dan Pustaka (MPI), salah satu divisi di dalam struktur PCM Kotagede. Laman yang beralamat di pcmkotagede.com ini menjadi terobosoan PCM Kotagede untuk berdakwah.

Menurut ketua MPI, Ahmad Yusroni Nugraha, adanya website atau laman resmi merupakan upaya PCM Kotagede agar tetap relevan dengan perkembangan teknologi mutakhir. Hal ini menjadi kebutuhan Muhammadiyah di Kotagede yang eksis sebagai organisasi keagamaan.  "Di zaman teknologi saat ini, cara berdakwah sangat beragam. Ada yang melalui Instagram dengan berbagi macam cara mengemasnya, ada yang berdakwah dengan menggunakan video melalui Tiktok dan YouTube," ujar pria yang akrab disapa Roni itu.

Guna merespon perkembangan teknologi digital dan informasi terkini, PCM Kotagede meluncurkan website atau laman resmi. Pembuatan laman tersebut juga menjadi salah satu wujud pelaksanaan program kerja MPI dalam kepengurusan PCM Kotagede periode 2022-2027. "Karena di zaman yang serba tekonologi, berdakwah pun juga harus mengikuti era teknologi yang sekarang," imbuh Roni.

Laman resmi Pcmkotagede.com bakal digunakan sebagai media yang memuat informasi tentang PCM Kotagede. Selain itu, misi untuk berdakwah secara digital juga akan diusung guna mengaktifkan laman tersebut.

Meski begitu, Pcmkotagede.com tidak lantas mengabaikan topik atau isu lain di luar Muhammadiyah Kotagede. Informasi tentang sejarah, budaya, sosial, dan fenomena di Kotagede juga tetap akan ditampung dalam pcmkotagede.com. "Tidak, di website ini, akan kami muat berbagai hal seputar Kotagede, dari sejarah dan informasi terkini di Kotagede," ungkap Roni.

Website pcmkotagede.com juga terbuka dalam menerima artikel atau tulisan dari kontributor luar. Dengan begitu, tidak hanya penulis dari PCM Kotagede sendiri yang bisa berkontribusi, melainkan juga penulis di luar lingkaran Muhammadiyah Kotagede."Silakan kalau ada yang ingin menyumbang tulisan di website kami. Jika lolos editor, akan kami publish," kata Roni.

Saat ini, konten dalam bentuk tulisan masih menempati porsi utama dalam laman. Namun, pcmkotagede.com berusaha untuk tidak membatasi konten tersebut dalam satu bentuk saja.  Selain tulisan, laman pcmkotagede.com juga menyediakan tautan ke akun YouTube dan Instagram PCM Kotagede. Tersedia pula fitur iklan bagi para pelaku usaha atau pihak yang ingin beriklan di laman pcmkotagede.com.

Lantaran masih tergolong baru, pcmkotagede.com akan terus dikembangkan. Dalam jangka panjang, laman tersebut rencananya bakal dipakai sebagai pusat data mengenai Muhammadiyah di Kotagede. "Untuk jangka panjangnya, website ini akan kami gunakan sebagai data center. Semua database terkait majelis, ortom (organisasi otonom), AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) dan ranting se-Kotagede," pungkas Roni. (Ahmad Yasin/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menjelang kompetisi Piala Soeratin yang serentak dilaksanakan di se....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Berita

KUALASIMPANG, Suara Muhammadiyah - Bertempat di halaman Gedung SMP Muhammadiyah Kualasimpang, hari i....

Suara Muhammadiyah

18 May 2024

Berita

Perkuat Pendidikan Karakter Siswa Melalui Guru BK Se-Karisidenan Pekalongan PEKALONGAN, Suara Muham....

Suara Muhammadiyah

12 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Yogyakarta (18/10) 50 cabang Muhammadiyah Se Daerah Istimewa Y....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Kabar membanggakan datang dari Program Studi D3 Sanitasi Politeknik M....

Suara Muhammadiyah

11 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah