Madrasah Politik Perempuan, LPPA PP ‘Aisyiyah Adakan Pelatihan Bagi Caleg Perempuan

Publish

15 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
282
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menuju pesta demokrasi 2024, Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisyiyah (LPPA) Pimpinan Pusat ‘Aiyiyah gelar Pelatihan Madrasah Politik Perempuan (MPP). Kegiatan yang diadakan secara daring pada Sabtu, (14/10/23) ini mengangkat tema Peningkatan Kapasitas Caleg Perempuan.

Ketua LPPA Siti Syamsiyatun dalam sambutan pembukaanya menyampaikan bahwa Muhammadiyah saat ini memberikan kelonggaran kepada warga persyarikatan untuk dapat berkompetisi dalam proses pemilihan legislatif yang akan datang. Hal ini dilakukan dengan harapan semakin banyaknya warga persyarikatan yang ikut terjun dalam pengambilan keputusan di parlemen sehingga dapat memberikan manfaat lebih besar kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Terlebih menurut Syamsiyatun, Muhammadiyah dan warga Persyarikatan memandang Indonesia sebagai darul ahdi wasyahadah yang ditegaskan pada Muktamar Muhammadiyah tahun 2015 di Makassar.

“Dalam hal politik formal, Muhammadiyah sudah menegaskan bahwa Muhammadiyah bersikap independen, namun bukan berarti pasif dan tidak terlibat secara praktis tetapi Muhammadiyah memiliki pandangan-pandangan positif yang harus dikomunikasikan melalui parlemen maupun di partai-partai politik dan juga melalui eksekutif," jelasnya 

Selaras dengan itu, Madrasah Politik Perempuan ini juga merupakan tindak lanjut dari amanat Muktamar ‘Aisyiyah di Surakarta dengan tujuan membekali diri terutama bagi caleg perempuan dalam mengahadapi pesta demokrasi 2024. 

Syamsiyatun menjelaskan tema yang diangkat pada kali ini adalah salah satu bagian dari modul Madrasah Politik Perempuan (MPP) yang akan diadakan ber-seri dalam rangka mendukung kehidupan berbangsa.

“Kita semua terutama warga ‘Aisyiyah harus memandang bahwa apa yang kita lakukan melalui jihad-jihad di parlemen merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ibadah kita kepada Allah, bahwa di setiap langkah kita harus diniatkan lillahi taala. Jangan sampai niat ini terkubur, terbawa arus dengan hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai agama,” tambahnya.

Madrasah Politik Perempuan sesi Peningkatan Kapasitas Caleg Perempuan ini menghadirkan narasumber Titi Agrraini sebagai Anggota Dewan Pembina Perludem dan Khoirunnisa Agustiyati sebagai Direktur Eksekutif Perludem.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Pada Ahad, 25 Februari 2024, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM)....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

PERLIS, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Riau, hadiri Konferensi Internasiona....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Program Studi S1 Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter Fakultas Kedokt....

Suara Muhammadiyah

26 September 2023

Berita

SAMARINDA, Suara Muhammadiyah - Lulusan Kesehatan Masyarakat diharapkan mampu menjadi ujung tom....

Suara Muhammadiyah

6 November 2023

Berita

BANYUWANGI, Suara Muhammadiyah - Kamis (28/12/2023) cuaca mendung mengiringi Anak Muda Eco Bhin....

Suara Muhammadiyah

31 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah