Mahasiswa Muhammadiyah Berdayakan Masyarakat di Bangka Belitung

Publish

4 August 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
571

BABEL, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa peserta KKN Muhammadiyah Aisyiyah (MAs) dari UM Purwokerto sebanyak 50 mhs telah dilepas oleh Wakil Rektor IV di halaman masjid UMP pada Jumat 28 juli 2023. Disampaikan bahwa mahasiswa harus memahami arti KKN yaitu kuliah belajar dari masyarakat untuk menambah pengalaman yang tidak diperoleh di bangku kuliah.

Selanjutnya kerja nyata yaitu mahasiswa melakukan kerja yang nyata membuahkan hasil yang bisa dinikmati dan dimanfaatkan oleh masyarakat lokasi KKN. Dalam akhir arahan Wakil Rektor 4 disampaikan agar menjaga nama baik UMP dan selalu melaksanakan ibadah, tidak lupa pandai menyesuaikan dengan adat tradisi kebiasaan lingkungan setempat.

Mahasiswa sejumlah 46 diberangkatkan menuju Tanjung Priok karena 4 mahasiswa telah berada di Pulau Bangka yang keberulan ada  4  mahasiswa yang asli orang Bangka. Dengan menggunakan transportasi kapal laut mahasiswa didampingi M. Agung Miftahuddin, SE,M.Si Kabid Pengabdian Masyarakat LPPM dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd Sekretaris Panitia KKN menuju Bangka.

Secara keseluruhan KKN MAs diikuti oleh 753 mahasiswa berasal dari berbagai PTM PTMA yang disebar di tiga kabupaten di Pulau Bangka yakni Kabupaten Bangka Selatan 199 orang, Bangka Barat 202 orang dan Bangka Tengah 200 orang, serta di Pulau Belitung dua kabupaten yakni Belitung 81 orang dan Belitung Timur 71 orang. Dari 753 mahasiswa tersebut, 307 orang adalah mahasiswa berbagai Universitas Muhammadiyah dan 50 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto sebagai salah satu PTMA yang banyak mengirimkan mahasiswa.

Dalam sambutan penerimaan Rektor Umbabel  Ir.Fadillah Sabri ST. M.Eng. IPM mengajak masyarakat agar menjadi tuan rumah yang baik dalam menyambut para mahasiswa KKN MAs ini karena tagline yang ditetapkan UNMUH Babel yakni "Dari Babel Untuk Indonesia". Ditambahkannya bahwa kolaborasi antar PTM menjadi potensi yang besar untuk mampu membangun dan memajukan daerah di Indonesia. Oleh karena itu KKN kali ini menjadi pemicu yang baik untuk pengembangan SDM maupun SDA di Bangka Belitung.

Mahasiswa dari UMP sejumlah 50 mahasiswa seluruhnya ditempatkan di pulau Bangka sehingga hampir merata di semua semua lokasi desa ditempatkan mahasiswa dari UMP. Program kerja KKN mengusung tema "Penguatan eduecoutourism berbasis teknologi untuk mendukung konservasi lingkungan di bumi serumpun sebalai. 

Kegiatan peduli Gerakan Penghijauan di setiap desa sebagai implementasi bentuk kepedulian generasi muda bangsa kepada keberlangsungan ekosistem lingkungan hidup. Oleh karena itu mahasiswa dari UMP sebelum pemberangkatan telah diberikan pembekalan untuk mewarnai program kerja kelompok dengan gerakan sholat subuh berjamaah, dan pengembangan destinasi wisata yang diharapkan dapat bersinergi dengan tema KKN MAs.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Indonesia memiliki nama yang harum dalam gelaran olahraga unt....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Wakil Ketua PDM Bantul Sumarna bersama Lembaga Pengembangan Olahraga (L....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

SAMARINDA, Suara Muhammadiyah - Lulusan Kesehatan Masyarakat diharapkan mampu menjadi ujung tom....

Suara Muhammadiyah

6 November 2023

Berita

BOJA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman, SpS., Mk....

Suara Muhammadiyah

16 April 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melalui Career Center melakukan....

Suara Muhammadiyah

17 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah