Mahasiswa UAD Berdayakan Paguyuban Catur Wastro Boga

Publish

13 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
107
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (PPK Ormawa IMM FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melaksanakan pelantikan paguyuban “Catur Wastro Boga”. Pada pelantikan tersebut, telah ditetapkan struktural paguyuban “Catur Wastro Boga” dengan Ngatijo yang diamanahi sebagai ketua dari paguyuban “Catur Wastro Boga”. 

Pembentukan paguyuban ini bertujuan untuk menjadi wadah dan otot penggerak dalam pengembangan masyarakat setempat terkhusus untuk topik ekonomi kewirausahaan. Selain itu, tim PPK Ormawa IMM FEB juga melaksanakan pembuatan sertifikasi halal dan nomor induk berusaha (NIB) guna mensupport berdirinya paguyuban-paguyuban di daerah kelurahan Caturharjo yang terstandarisasi dengan sertifikasi halal dan terdaftar nomor induk berusaha (NIB)-nya. 

Pada sosialisasi ini, menampilkan dua orang pemateri, yakni Agha Krisannanda Firdaus selaku pemateri dari Tim Pelaksana yang memaparkan materi mengenai pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), prosedur dan manfaat dari NIB itu tersebut. Setelah pemaparan kedua pemateri, diharapkan untuk paguyuban dan masyarakat setempat memahami dan mengerti tentang sertifikasi halal dan Nomor Induk Berusaha (NIB). 

Retty Ikawati, S.T.P., M.Sc selaku perwakilan dari “Halal Center UAD” yang memaparkan materi tentang sertifikasi halal dan hal-hal yang diperlukan dalam pembuatan sertifikasi halal. Dari kegiatan tersebut terdapat komponen yang dapat dijadikan sebagai standarisasi pemasaran produk bagi masyarakat setempat. 

Agha Krisananda Firdaus menambahkan terkait Nomor Induk Berusaha (NIB) dapat menjadi modal awal bagi pelaku usaha nantinya dalam mengembangkan bisnis yang dimiliki. 

Retty Ikawati, S.T.P., M.Sc menambahkan hal yang paling penting itu Halalan Thoyyiban, karena menjadi jaminan atas suatu usaha”. 

Dengan suksesnya pelaksanaan tiga rangkaian kegiatan yang meliputi Pelantikan Paguyuban “Catur Wastro Boga”, Pelatihan Pembuatan Sertifikasi Halal, dan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), Tim PPK Ormawa IMM FEB telah memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan masyarakat setempat, khususnya dalam topik ekonomi kewirausahaan.

Pelantikan Paguyuban “Catur Wastro Boga”, Pelatihan Pembuatan Sertifikasi Halal, dan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB). Diharapkan paguyuban dan warga Kelurahan Caturharjo, Kec. Pandak dapat terorganisir dalam bentuk kelembagaan berdasarkan standarisasi produk halal yang sesuai dengan ketentuan pemerintah, dan dapat memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan ini untuk memperluas jangkauan usaha serta meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Rasa terimakasih dihaturkan kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan ini dan semoga langkah ini memberikan dampak positif dalam keberlanjutan usaha dan kemajuan ekonomi kewirausahaan.

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

NEWYORK, Suara Muhammadiyah - Hadiri Sidang Komisi Perempuan PBB ke-68, 'Aisyiyah berkesempatan....

Suara Muhammadiyah

21 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Klinik Pratama Muhammadiyah Medical Center atau yang sering disebut MMC m....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Berita

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah - Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin kembali menggelar keg....

Suara Muhammadiyah

9 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - "Anak kita yang terlahir di muka bumi ini memiliki dua unsur yang a....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial Pimpinan Pusat  (MPKS P....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah