Manasik Haji PCA Pandak Timur Diikuti Ratusan Murid TK - PAUD

Publish

10 June 2024
pca

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
228
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Ratusan murid TK dan PAUD Aisyiyah di lingkungan Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Pandak Timur, Bantul, Sabtu (8/6/ 2024, mengikuti kegatan manasik haji di Kompleks Balai Desa Wijirejo, Pandak. Ketua Panitia, Dra. Hj Siti Muninggar, menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada para siswa mengenai pelaksanaan ibadah haji. 

"Melalui manasik, diharapkan anak-anak TK dan PAUD Aisyiyah Pandak Timur terinspirasi sejak dini agar setelah dewasa nanti bertekad untuk menyempurnakan pelaksanaan rukun Islam hingga ibadah haji," ujar Dra. Hj Siti Muninggar. Pelaksanaan manasik haji ini sekaligus tasyakur semarak Milad ke 107 Aisyiyah. 

Kegiatan ini didukung oleh para pembimbing dari LPHU PDM Bantul dan KBIH Aisyiyah Bantul yang dipimpin oleh Ustad H Suwardiman, M,Ag. Ketua PCA Pandak Timur, Hj Azzakiyah Fitriyati, S.Pd., memberikan apresiasi kepada Majelis PAUD Dasmen dan Pesantren PCA Pandak Timur, beserta para guru dan pembimbing yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Manasik Haji yang baru pertama diselenggarakan ini akan memberikan dampak psikologis yang positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan jiwa anak, dimana Pendidikan anak usia dini berlangsung pada fase usia keemasan yang merupakan fundamental untuk memberikan penanaman karakter dalam pembentukan kepribadian anak menuju generasi bangsa yang sehat, cerdas, dan berakhlak mulia pada usia dini,” tandasnya. 

Azzakiyah mengingatkan pentingnya memberi pemahaman dan pengalaman nilai-nilai agama kepada anak-anak. “Penanaman nilai-nilai utama keagamaan yang dapat diaplikasikan anak-anak dalam kehidupan sehari-hari, antara lain membaca Al-Qur’an, sholat, puasa, sedekah, wajib diperkenalkan sejak usia dini,” ujarnya.

Pihaknya menitipkan kepada para pembimbing dan para guru, agar anak-anak tunas bangsa calon generasi muda Pandak, Bantul, diberi pemahaman yang mendalam dari proses manasik haji ini dan ilmu pengetahuan lainnya, agar mereka menjadi anak-anak yang cerdas, selamat dunia, dan di akhirat. Ketua PCA Pandak Timur juga mengingatkan kesadaran mengelola lingkungan untuk menyelamatkan kehidupan agar ditanamkan sejak dini. 

“Sesuai tema milad ke-107 Aisyiyah, dakwah semesta yang rahmatan lil’aalamiin, maka setelah acara manasik ini selesai, mari kita rawat alam, jangan sampai sampah berserakan dimana-mana, budayakan buanglah sampah sampah pada tempatnya,” ujarnya. Azzakiyah menegaskan bahwa langkah Aisyiyah harus selalu peduli terhadap lingkungan, serta tidak boleh mewariskan jejak kerusakan.

Wakil Ketua PDM Bantu Suwardiman menyambut baik kegiatan ini, karena melalui manasik haji anak-anak dapat belajar lebih efektif melalui pengalaman langsung. “Dengan mengikuti manasik haji, mereka dapat memahami dan mengingat proses ibadah haji dengan lebih baik dibandingkan hanya melalui penjelasan teori,” ujarnya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

LAMSEL, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M) Pimpinan Pusat Muham....

Suara Muhammadiyah

3 June 2024

Berita

Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran dan Derita Rakyat Oleh: Anwar abbas, Wakil Ketua Umum MUI Kita s....

Suara Muhammadiyah

7 May 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Nazaruddin Malik pada Kam....

Suara Muhammadiyah

15 June 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Berdasar penanggalan hijriah, pada tahun 2024, Majelis Tarjih telah....

Suara Muhammadiyah

21 February 2024

Berita

PERLIS, Suara Muhammadiyah - Dalam majelis ilmu Nur alQalb yang rutin dilakukan di Universiti Muhamm....

Suara Muhammadiyah

5 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah