MBS Tuban Semarakkan Peringatan Hari Bahasa Arab se-Dunia

Publish

19 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
258
Foto Istimewa

Foto Istimewa

TUBAN, Suara Muhammadiyah - Santri-Santri Pesantren MBS Tuban menggelar acara dalam rangka peringatan Hari Bahasa Arab sedunia. Kegiatan tersebut diadakan di aula SMP Muhammadiyah 8 Palang pada Senin (18/12) dengan mengusung tema bil qur’ani nahtadi bil ‘arabiyyati nartaqi. Kegiatan ini diinisiasi oleh munadzomah atau organisasi santri MBS Tuban.

Hari Bahasa Arab sedunia sendiri merupakan salah satu fragmen penting dalam sejarah dunia, di mana Bahasa Arab ditetapkan oleh UNESCO sebagai bahasa resmi PBB ke-6 pada 18 Desember 1973 setelah bahasa Inggris, Tionghoa, Prancis, Rusia dan Spanyol. Momentum tersebut memberikan kesempatan bagi masyarakat Internasional untuk lebih mengenal budaya Islam yang datang bersama bahasa Arab.

Mudir MBS Tuban Muslih menuturkan bahwa semangat untuk belajar dan bertutur dalam Bahasa Arab harus dilestarikan, terlebih oleh santri dan pelajar Muhammadiyah. “Ketika semua bahasa usai dengan selesainya dunia ini, maka satu-satunya bahasa yang kelak masih kita gunakan untuk komunikasi adalah Bahasa Arab.” Ucap Muslih dalam sambutannya.

Kegiatan peringatan hari Bahasa Arab ini dirangkai sebagai kompetisi menyuguhkan penampilan drama, puisi, lagu dan pidato dalam Bahasa Arab. Dengan harapan kesan susah dan jenuh dalam belajar Bahasa Arab berganti menjadi menyenangkan dan menggembirakan.

Sehingga ke depannya kader-kader Muhammadiyah memiliki kemapanan literasi dan komunikasi dengan menggunakan Bahasa Arab. Tingkat pemahaman Bahasa Arab juga akan menentukan bagaimana memahami nash sehingga melahirkan fatwa tarjih dan tafsiran yang berkemajuan.

Semarak peringatan Hari Bahasa Arab ini juga diharapkan menjadi riak awal geliat Bahasa Arab di seluruh lembaga pendidikan di lingkup PCM Palang dan PDM Tuban.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah –  Pembukaan acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa B....

Suara Muhammadiyah

26 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah -“Kami mengangkat tema terkait dengan masalah karakter atau mas....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Asah mental percaya diri dan ketrampilan publik speaking siswa, SMP Muham....

Suara Muhammadiyah

10 January 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Tim Pengabdian Masyarakat Pemula UM Bandung sukses mengadakan pe....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Hari Jumat sore 29 Maret 2024 menjelang buka puasa para Pimpinan Rant....

Suara Muhammadiyah

30 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah