Membangkitkan Kembali Gerakan Aisyiyah di Akar Rumput

Publish

8 April 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
104
Musyawarah Ranting PRA Ngestiharjo Tengah. Foto Istimewa

Musyawarah Ranting PRA Ngestiharjo Tengah. Foto Istimewa

Dosen Prodi Manajemen FEB UMY Berikan Pendampingan Manajemen untuk PRA Ngestiharjo Tengah

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Sejak Pandemik Covid 19, Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) Ngestiharjo Tengah Kasihan Bantul Yogyakarta kurang mengelola kaderisasi dan belum terbentuk kepengurusan yang baru setelah beberapa pengurus telah meninggal sehingga vakum kegiatan. Satu-satunya amal usaha PRA Ngestiharjo Tengah yang kegiatannya masih berjalan adalah TK ABA. Sebagai amal usaha yang bergerak di bidang jasa, tampilan TK ABA terlihat tidak estetik karena pintu utama rusak berat. 

Oleh karena itu, Munjiati Munawaroh, dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan kegiatan pengabdian bagi Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) Ngestiharjo Tengah Kasihan Bantul Yogyakarta. Bentuk pengabdian yang dilakukan adalah memberikan pendampingan manajemen.

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada pengurus PRA  Ngestiharjo Tengah Kasihan Bantul Yogyakarta dalam manajemen organisasi. Pendampingan dimulai dari rekruitmen anggota baru, musyawarah ranting, pengukuhan pengurus baru, hingga rapat kerja yang outpunya adalah program kerja ke depan. Pengabdian juga memberi perhatian kepada amal usaha PRA yaitu TK ABA. 

Kontribusi dari kegiatan pengabdian berupa pendampingan manajemen ini diharapkan memberikan manfaat langsung terhadap Aisyiyah pada umumnya, dan PRA Ngestiharjo Tengah Kasihan Bantul Yogyakarta secara khusus, dalam rangka membangkitkan kembali gerakan Islam, dakwah amar makruf nahi munkar dan tajdid yang berasas Islam serta bersumber kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. 

Tingginya kontribusi Aisyiyah pada kemajuan harkat dan martabat perempuan di Indonesia tersebut mendorong perlunya dihidupkan kembali ranting Aisyiyah Ngestiharjo Tengah yang selama ini vakum dari kegiatan dan kaderisasi tidak berjalan dengan baik. Prinsip-prinsip manajemen perlu diterapkan untuk menghidupkan kembali ranting Aisyiyah Ngestiharjo Tengah melalui program pengabdian kepada masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

Hasil dari program pengabdian masyarakat adalah terlaksanayna rekruitmen anggota baru Aisyiyah, terbentuknya kepengurusan yang baru  pada Ranting Aisyiyah  Ngestiharjo Tengah Kasihan Bantul Yogyakarta melalui musyawarah ranting, pengukuhan PRA baru, dan dilanjutkan dengan rapat kerja. Melalui rapat kerja, pengurus PRA dan majelis serta anggota PRA membahas dan merencanakan program kerja. 

Pendampingan manajemen bagi anggota PRA Ngestiharjo Tengah, Bantul, Yogyakarta agar mandiri secara ekonomi dan sosial juga telah dilakukan melalui perbaikan manajemen pada bidang pendidikan yaitu TK ABA. Perbaikan manajemen adalah berupa peningkatan kualitas layanan TK ABA dilakukan melalui perbaikan fisik berupa penggantian pintu TK yang rusak dengan pintu jati yang baru. *


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Pasca Muktamar Nasyiatul Aisyiyah  ke XIV, peta jalan NA periode 2....

Suara Muhammadiyah

14 October 2023

Berita

BAUBAU, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pendidikan dan Pengajaran (LPP) Universitas Muhammadiyah Buton ....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertempat di The Cube Hotel, Kota Yogyakarta, Lazismu Mantrijeron g....

Suara Muhammadiyah

1 February 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) Universitas Muhammad....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

BANYUWANGI, Suara Muhammadiyah – Sebagai cara untuk memakmurkan masjid dan membahagiakan jamaa....

Suara Muhammadiyah

23 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah