Oleh: Damayanti, SSi. Ketua PDA Sumenep, Kepala SMA Muhammadiyah I Sumenep 2020-2024
Di era yang terus berubah dan penuh tantangan seperti sekarang ini, sinergi antarpendidik menjadi kunci penting bagi keberhasilan suatu lembaga pendidikan. Terlebih bagi guru-guru di lingkungan Muhammadiyah, yang tidak hanya berperan sebagai pendidik tetapi juga sebagai teladan moral dan spiritual. Membangun sinergi atau kebersamaan antar guru bukan hanya tentang kerjasama, tetapi tentang saling melengkapi, berbagi, dan mendukung satu sama lain dalam mencapai tujuan bersama.
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membangun sinergi antar guru Muhammadiyah, pertama, haruslah berangkat dari hati yang tulus. Keikhlasan dalam bersahabat dan berinteraksi menjadi dasar dari segalanya. Guru tidak hanya bekerja untuk menjalankan tugas, tetapi mereka bekerja untuk memberikan makna bagi sesama. Ikhlas dalam bersahabat menghapuskan sekat-sekat egoisme dan kompetisi tidak sehat, kemudian menggantikannya dengan persahabatan yang berlandaskan kasih sayang dan niat baik. Seorang guru yang ikhlas tidak melihat rekan sejawatnya sebagai saingan, tetapi sebagai mitra dalam mencapai visi yang lebih besar: mencerdaskan generasi dan menanamkan nilai-nilai Islami.
Tahapan berikutnya, kedua, adalah menyadari bahwa kita saling membutuhkan. Setiap guru memiliki keunikan dan kekuatan masing-masing, namun tidak ada satu pun yang sempurna. Dengan menyadari bahwa kita membutuhkan bantuan dan dukungan dari orang lain, kita bisa membangun kesadaran bahwa setiap guru memiliki peran penting yang tidak bisa digantikan. Ketika seorang guru kesulitan dalam suatu hal, guru lainnya bisa menawarkan pandangan, ide, atau bahkan sekadar dorongan moral yang dibutuhkan. Hal ini menciptakan ekosistem saling mendukung yang kokoh, di mana setiap guru merasa dihargai dan diperlukan.
Ketiga, membangun sinergi juga berarti saling memahami. Pemahaman yang mendalam terhadap karakter, kelemahan, dan kekuatan masing-masing guru akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang harmonis. Pemahaman ini tidak datang begitu saja, melainkan harus dibangun melalui komunikasi yang baik, sikap saling mendengarkan, dan keterbukaan dalam berdiskusi. Dengan memahami satu sama lain, kita bisa menghindari konflik yang tidak perlu dan fokus pada hal-hal yang lebih produktif, seperti mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif atau mencari solusi atas tantangan pendidikan yang dihadapi bersama.
Keempat, sinergi juga berarti mampu saling memberi solusi. Tantangan dalam dunia pendidikan tidak pernah berkurang, bahkan cenderung bertambah seiring perkembangan zaman. Namun, dengan kolaborasi yang kuat, setiap tantangan bisa dihadapi bersama-sama. Guru Muhammadiyah harus siap untuk saling berbagi solusi, baik itu dalam bentuk gagasan, pengalaman, maupun sumber daya. Ketika seorang guru menghadapi masalah dalam pengajaran, rekan-rekannya bisa membantu mencari solusi terbaik. Semangat kebersamaan ini tidak hanya akan membuat beban terasa lebih ringan, tetapi juga akan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Dan terakhir, membangun sinergi yang solid perlu ada Upaya bekerja sama dan menyingkirkan sikap egois. Bekerja dalam tim menuntut setiap individu untuk meletakkan kepentingan pribadi di bawah kepentingan bersama. Sikap egois hanya akan menghancurkan kebersamaan dan menghambat kemajuan. Sebaliknya, ketika setiap guru mampu mengesampingkan egonya dan mengutamakan kerja sama, hasil yang dicapai akan jauh lebih besar dari apa yang bisa diraih sendirian. Kerja sama tidak hanya mempercepat pencapaian tujuan, tetapi juga membangun rasa kebersamaan yang kuat di antara para guru.
Membangun sinergi antar guru Muhammadiyah bukanlah hal yang instan. Namun, jika dilakukan dengan hati yang tulus, saling pengertian, dan semangat kebersamaan, hasilnya akan sangat signifikan. Kebersamaan ini tidak hanya akan memperkuat ikatan antar guru, tetapi juga akan memberikan dampak positif yang besar bagi para siswa dan sekolah secara keseluruhan. Semua itu akan menciptakan suasana pendidikan yang lebih harmonis, penuh semangat, dan menginspirasi. Inilah langkah-langkah konkret yang dapat kita ambil untuk mengembangkan kebersamaan dan sinergi yang hakiki di lingkungan guru Muhammadiyah.