Menggapai Kesuksesan Lewat Pendisiplinan Diri Berinteraksi dengan Al-Qur'an

Publish

24 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
171
Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman SpS., MKes. Foto: Cris

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman SpS., MKes. Foto: Cris

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman SpS., MKes mengatakan bulan Ramadhan sangat istimewa. Dibalik keistimewaan tersebut karena ada peristiwa turunnya Al-Qur'an (Qs al-Baqarah [2]: 185). Demikian disampaikan saat tausyiyah jelang Buka Puasa yang diadakan Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) PWM DIY yang bekerja sama Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta dengan mengundang sebanyak 1200 santri dari Panti Asuhan Muhammadiyah-Aisyiyah se-DIY pada Ahad (24/3) di Masjid Walidah Dahlan Kompleks UNISA Yogyakarta.

"Maka Ramadhan sering disebut sebagai syahrur qur'an. Disamping itu, Ramadhan menjadi salah satu bulan di mana waktu umat Islam di seluruh penjuru dunia membaca Al-Qur'an. Maka, kita berharap adik-adik yang tadi baca Al-Qur'annya bagus, mudah-mudahan akan menjadi pegiat dari kader-kader umat dan bangsa yang setia berada pada kebenaran Islam," ujarnya.

Menurut Agus, Al-Qur'an tidak serampangan turun. Turunnya berproses yang dimulai dari Qs al-Alaq (96): 1-5. Secara redaksional, Agus menambahkan jika ayat ini merepresentasikan jika Nabi Muhammad Saw tatkala menerima ayat tersebut diawali dengan tidak bisa membaca. Berulang kali diajarkan Malaikat Jibril, sampai kemudian ayat utuh turun, iqra` bismi rabbikallażī khalaq. Dari sini kemudian manakala terus dihayati secara membumi, maka dengan spirit iqra` ini menjadi salah satu rumus untuk meraih kesuksesan.

"Inti dari itu (Qs al-Alaq [96]: 1-5) para mufasir memerintahkan kalau umat Islam ingin menang dan maju, maka spiritnya adalah spirit iqra` (baca), spirit belajar, dan spirit mencari ilmu. Siapapun kita, kalau kita umat yang beriman rajin iqra` (membaca, mencari ilmu), maka janji Allah orang itu akan diangkat derajatnya, yarfa'illāhullażīna āmanụ mingkum wallażīna ụtul-'ilma darajāt (Qs al-Mujadalah [58]: 11)," katanya.

Agus mengungkapkan bahwa ayat tersebut sebagai perpaduan antara iman yang kuat dan ilmu luas, maka menjadi jalan Allah untuk mengangkat derajat seseorang. "Maka, mulai sekarang cita-cita menjadi orang yang beriman kuat, berilmu mantap harus kita tanamkan pada diri kita," jelasnya. Dan selama di pondok pesantren, Agus meminta kepada seluruh santri semestinyalah memiliki proyeksi ke depan. Jika ini dilakukan, sebut Agus santri tengah bergumul agar dapat menggapai kesuksesan di masa mendatang.

"Dan kunci orang sukses adalah orang-orang yang tidak kalah oleh hawa nafsunya ketika dia memperjuangkan masa depannya," tegasnya.

Salah satu dilematika yang dihadapi seseorang dalam rangka meraih kesuksesan adalah rasa malas. Ini sebagai salah satu tantangan berat bagi seluruh umat manusia. Karena itu, sebagai langkah arif dalam membumihanguskan rasa malas, Agus minta santri untuk lawan secara paksa dari dalam diri masing-masing, sehingga dapat bersemangat kembali untuk menuntut ilmu meraih ilmu berkah dan manfaat agar bisa sukses.

"Godaan untuk mendapatkan ilmu yang bagus paling mendasar adalah malas. Kira-kira bagaimana agar kita tidak malas? Kalau sudah malas menggoda, maka paksa diri kita," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Agus mengatakan kesuksesan hanya akan diraih sebagaimana petunjuk Al-Qur'an yaitu cerdas menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Semua orang kata Agus sama-sama diberikan waktu selama 24 jam. Tetapi, tidak semua lantas memanfaatkannya. "Hanya orang yang berhasil menggunakan 24 jam dengan sebaik-baiknya, sementara orang-orang yang gagal membiarkan waktu berlalu begitu saja," tuturnya.

Terakhir, percaya kepada kemampuan yang Allah berikan. Di sini Agus mengajak seluruh santri untuk bersemangat menggunakan kemampuannya masing-masing sebagai manifestasi berkarya dan berinovasi. Menurutnya, kemampuan sebagai anugerah yang mahal persembahan Allah dan seyogianya disyukuri bersama.

Acara ini dihadiri Wakil Ketua PWM DIY Dr H Nur Ahmad Ghojali, MA, Rektor UNISA Yogyakarta Dr Warsiti, SKp., MKp., SpMat, Ketua MPKS PWM DIY Zainal Abidin, dan pengurus Panti Asuhan Muhammadiyah-Aisyiyah se-DIY. Selain itu, akan diberikan sebanyak 10 beasiswa kepada santri untuk kuliah di UNISA Yogyakarta melalui sistem seleksi. Bagi yang lolos seleksi, maka akan mendapatkan beasiswa tersebut dan diperbolehkan memilih sendiri fakultas yang diiinginkan. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

CIAMIS, Suara Muhammadiyah – Siapa bilang perempuan tidak bisa menjadi Pimpinan Cabang Muhamma....

Suara Muhammadiyah

6 February 2024

Berita

 “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan d....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) pada Sabtu ....

Suara Muhammadiyah

9 December 2023

Berita

TANAHLAUT, Suara Muhammadiyah - Pungga Zalzabila, Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Aceh dari Fakul....

Suara Muhammadiyah

21 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-  Gerhana Bulan Sebagian terjadi pada Ahad Pon 29 Oktober 2023 M....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah