Meningkatkan Kesejahteraan Bagi Bangsa Indonesia: Tantangan dan Harapan

Publish

8 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
175
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Meningkatkan Kesejahteraan Bagi Bangsa Indonesia: Tantangan dan Harapan

Oleh: Muhammad Himawan Sutanto, Wakil Ketua MPKS PWM Jawa Timur, Dosen Universitas Muhammadiyah Malang

Kesejahteraan merupakan tujuan yang sangat diidamkan bagi setiap bangsa, termasuk Indonesia yang kaya akan potensi alam dan manusia. Namun, untuk mencapai tingkat kesejahteraan yang merata dan berkelanjutan, ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan.

Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 termaktub jelas tujuan pendirian Pemerintahan Negara Indonesia adalah “..untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”. Pemerintahan mempunyai tugas utama dalam menjalan tugas meningkatkan kesejahteraan bagi rakyatnya. Tetapi dalam prakteknya porsi kesejahteraan belum secara merata kepada seluruh rakyat Indonesia. Data Badan Pusat Statistik Juli Tahun 2023 sebesar 25,90 juta orang atau 9,36 persen, turun 0,46 juta dari Tahun 2022 sebesar 26 juta.

Prosentase ini menunjukkan adanya perbaikan yang membaik. Angka 25,90 juta masihlah angka yang tinggi untuk sebuah negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Kita tidak bisa melihat angka semata, tetapi bagaimana kualitas perbaikan kesejahteraan rakyat disiapkan dengan baik. Maka adalah tepat saat Muhammadiyah dengan cerdas selalu menggaungkan tentang pembinaan kesejahteraan social. Karena sesungguhnya bukan sekedar masalah kemiskinan yang menjadi tantangan kita hari ini dan masa depan. Dampak dari kemiskinan adalah gagalnya pembangunan kesejahteraan sosial. 

Maka kita perlu mempersiapkan langkah agar kesejahteraan sosial berkembang dengan langkah-langkah kongkrit. Pertama, Penguatan Ekonomi Berbasis Keunggulan Lokal. Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, mulai dari sumber daya mineral, hutan tropis, hingga kelautan yang luas. Pemanfaatan yang bijak dan berkelanjutan terhadap sumber daya ini dapat menjadi landasan utama untuk membangun ekonomi yang kuat dan inklusif. Investasi dalam infrastruktur, teknologi, dan pendidikan menjadi kunci untuk memperluas akses dan meningkatkan nilai tambah dari kekayaan alam ini.

Kedua, Peningkatan Kualitas Hidup Melalui Pendidikan dan Kesehatan. Pendidikan yang berkualitas adalah fondasi untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat. Investasi dalam peningkatan akses dan mutu pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi akan menciptakan generasi yang terampil dan siap bersaing di tingkat global. Selain itu, akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas juga penting untuk meningkatkan harapan hidup dan produktivitas masyarakat.

Ketiga, Pengentasan Kemiskinan dan Ketimpangan Sosial. Masalah kemiskinan dan ketimpangan sosial masih menjadi tantangan besar di Indonesia. Program-program yang mengurangi kesenjangan antarwilayah dan antargolongan serta memberdayakan ekonomi lokal perlu ditingkatkan. Pendekatan inklusif yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat lokal, pemerintah, dan sektor swasta dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini secara berkelanjutan.

Keempat, Perlindungan Lingkungan dan Keberlanjutan. Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, tetapi juga menghadapi tantangan serius terkait dengan degradasi lingkungan. Pemeliharaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan perlindungan terhadap lingkungan hidup adalah kunci untuk memastikan bahwa generasi mendatang juga dapat menikmati kekayaan alam yang sama. Pemerintah dan masyarakat perlu bekerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan demi kesejahteraan jangka panjang.

Kelima, Inovasi dan Teknologi untuk Kemajuan. Perkembangan teknologi digital memberikan peluang besar untuk merangsang pertumbuhan ekonomi, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan lapangan kerja baru. Pemerintah dan sektor swasta harus bersinergi dalam memanfaatkan teknologi ini untuk memajukan sektor-sektor ekonomi kunci dan meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global.

Meningkatkan kesejahteraan bagi bangsa Indonesia merupakan proyek bersama yang membutuhkan komitmen dan kerja keras dari semua pihak. Dengan memperkuat fondasi ekonomi, meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan, mengurangi ketimpangan sosial, menjaga lingkungan hidup, dan mendorong inovasi, Indonesia dapat mengarah menuju masa depan yang lebih cerah dan lebih adil bagi semua warganya. Semoga upaya ini dapat mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang makmur, berkelanjutan, dan sejahtera untuk semua.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Sabar dari Keinginan Hawa Nafsu Oleh: Mohammad Fakhrudin Di dalam bukunya Kuliah Akhlaq (hlm. 134-....

Suara Muhammadiyah

28 June 2024

Wawasan

Mengenang Sang Inspirator Oleh: Teguh Pamungkas, Warga Muhammadiyah Kalsel    Masyarakat....

Suara Muhammadiyah

22 June 2024

Wawasan

Oleh: Baskoro Tri Caroko Menyimak webinar yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BR....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Wawasan

Berpolitik yang BermuhammadiyahOleh: Tri Aji Purbani, A.Md, BI, Majelis Ekonomi Bisnis, Pariwisata d....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Wawasan

Oleh Bahrus Surur-Iyunk Anggota LPCRPM PWM Jawa Timur, Penulis buku Nikmatnya Bersyukur, Merajut Ga....

Suara Muhammadiyah

28 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah