Meriah, Unmuha Gelar Pelapasan Pertukaran Mahasiswa Merdeka "Genderang Nusantara"

Publish

25 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
179
Istimewa

Istimewa

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) menyelenggarakan acara pentas seni serta pelepasan mahasiswa inbound program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan 4 Tahun 2024 dengan tema Genderang Nusantara yang dilaksanakan di UCC Ahmad Dahlan, Selasa 25 Juni 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor Unmuha Dr. Aslam Nur. MA, Wakil Rektor 1 Prof. Asnawi Abdullah. M.Sc. Phd, Wakil Rektor 2 H.M. Yamin. SE. M.Si, Para Kepala Biro dan Lembaga, Dekan, Ka. Prodi, dosen dan pengurus organisasi kemahasiswaan di Lingkungan Unmuha.

Koordinator PMM 4 Unmuha, Maidar. SE, M.Si dalam laporannya menyampaikan PMM 4 ini diikuti oleh sekitar 83 mahasiswa dari 54 Perguruan Tinggi se- Indonesia yang berada di luar pulau Sumatera.

“Alhamdulillah selama 1 semester selama mengikuti perkuliahan di Unmuha para mahasiswa telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya adalah bersosialisasi dengan warga kampus dan warga yang berada di sekitar kampus,” ucap Maidar.

Ia juga menyampaikan bahwa mahasiswa telah mengikuti kegiatan Modul Nusantara sebanyak 16 kegiatan terdiri dari modul kebinekaan, refleksi, inspirasi dan kontribusi sosial dan dibagi kedalam 3 kelompok yaitu Saman, Ranup Lampuan dan Seudati  yang juga didampingi oleh Dosen Modul Nusantara dan turut dibantu oleh seorang Mahasiswa Unmuha sebagai Leason Officer (LO).

“Maka dengan berakhirnya seluruh kegiatan mahasiswa, maka pada 25 Juni 2024 berakhir seluruh rangkaian kegiatan PMM 4 di Unmuha dan akan kembali ke perguruan tinggi pengirim mulai 1 Juli 2024,” ujarnya.

Rektor Unmuha Dr. Aslam Nur. MA dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada 54 Perguruan Tinggi se-Indonesia yang berada di luar pulau Sumatera yang sudah mengirim mahasiswanya untuk ikut dalam program PMM 4 di Unmuha.

“Pada waktu penyambutan dulu, saya pernah meminta mahasiswa untuk menulis sebuah buku perjalanan selama di Aceh, dan menurut laporan dari kepala suku bahwa buku itu sudah terbit bahkan sampai 4 buku, kami mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa sekalian yang sudah menjawab tantangan dari kami,” kata Rektor.

“Kita mengharapkan semoga program ini dapat terus dilanjutkan, karena cukup banyak manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa yang mengikutinya, kami juga menyampaikan ucapan terima kepada LLDikti Wilayah 13 Aceh yang membantu kami dalam melaksanakan program ini,” ucap Rektor.

Sementara itu, Kepala LLDikti Wilayah 13 Aceh yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum, Syafi’i, SE. M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Mahasiswa yang sudah menyelesaikan program PMM 4 di Unmuha ini dan dalam waktu yang dekat akan kembali ke perguruan tinggi masing-masing.

“Program ini adalah program yang paling efektif untuk memperkenalkan kebudayaan kepada mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan jaringan dan pertemanan dengan mahasiswa lainnya di seluruh Indonesia,” kata Syafi’i

Kami yakin banyak sekali mahasiswa yang ingin ikut program semacam ini, namun kalian yang terpilih untuk mengikuti, maka untuk itu kami menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada para mahasiswa yang sudah menyelesaikan program ini, semoga program ini bermanfaat bagi kalian semua,” ucapnya.

Pada acara pelepasan itu turut juga dilaksanakan penampilan tarian kolosal yang ditampilkan oleh mahasiswa PMM 4 yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta Banten, dan Tanggerang. Kemudian Kalimantan, Maluku, Papua, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi.

Dalam acara pelepasan itu turut dihadiri oleh Camat Lueng Bata, Kapolsek Lueng Bata, Kepala Desa Batoh dan Cot Masjid serta tamu undangan dari BEM dan UKM di lingkungan Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha). (*)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Pada hari batik Nasional 2 oktober 2023 ada pemandangan berbeda t....

Suara Muhammadiyah

3 October 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Sebagai umat muslim berkemajuan, pada bulan suci Ramadan diwajibkan....

Suara Muhammadiyah

3 April 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Aneka jamu rempah tradisional diprodukasi Pimpinan Cabang Nasyiat....

Suara Muhammadiyah

28 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menyelenggarak....

Suara Muhammadiyah

21 September 2023

Berita

Siapkan Hadiah Paket Umrah Hingga Sepeda Motor PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah (PW....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah