Mitigasi Bencana, MBS Pleret Ciptakan Lembaga Pendidikan Aman

Publish

30 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
81
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah - MBS Pleret mengadakan mitugasi bencana berkolaborasi dengan Lembaga Resiliansi Bencana atau Muhammadiyah Disaster Management Center Pimpinan Daeraah Muhammadiyah Bantul. Santri putra mengikuti mitigasi di MBS unit Dahromo dan santri putri di unit Kanggotan, Kamis (26/9/2024). 

Rangkaian mitigasi dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari Direktur PLT MBS Pleret yaitu Ustadz Fatkul Mubin M.Pd. Beliau menyampaikan tentang pentingnya Lembaga Pendidikan pesantren memperhatikan keamanan untuk santri terutama dalam persoalan penaggulangan bencana. Dipandu oleh fasilitator Lembaga Resiliensi Bencana PDM Bantul, baik santri putra maupun santri putri antusias dalam mengikuti kegiatan ini. 

Sesi pertama adalah penyampaian pengantar dasar mengenai lingkungan, bencana dan penanggulangan bencana. Dan dilanjut dengan sesi praktik mitigasi. Santri mendapatkan banyak sekali informasi pada sesi pertama. Terutama terkait pengenalan kondisi alam sekitar, termasuk kondisi geografis MBS Pleret yang berada di Kabupaten Bantul. Santri juga diperkenalkan dengan berbagai ancaman lingkungan berserta tanda tandanya. 

Selain itu santri juga diperkenalkan bagaimana bentuk bangunan yang aman dari bencana. Terutama bangunan sekolah. Dan yang lebih utama adalah ada atau tidaknya titik kumpul evakuasi apabila terjadi bencana. Pembentukan tim siaga bencana dengan anggota para santri juga harus dilakukan. Hal tersebut ditujukan agar penanggulangan bencana di pesantren dapat maksimal. Santri dapat menjadi agen keselamatan diantara teman-temannya untuk mengingatkan, mengajarkan dan membantu proses mitigasi. 

Pada sesi kedua santri mempraktikkan dua Langkah proses mitigasi. Yaitu langkah saat terjadi bencana atau bahaya dan proses evakuasi. Mitigasi yang dipraktikkan adalah bencana gempa bumi.  Tim LRB bersama Ustadz dan ustadzah yang bertugas telah menyusun jalur dan lokasi evakuasi yang sesuai dengan kondisi bangunan MBS pleret. Khususnya di asrama tempat santri tinggal dan kelas tempat santri belajar. 

Santri diajarkan bagaimana proses penyelamatan diri saat bencana gempa bumi berlangsung. Mulai dari harus melakukan perlindungan diri saat bunyi sirine bahaya terdengar. Perlindungan yang dilakukan berupa merunduk ke bawah dan menutup bagian kepala menggunakan tas, bantal, barang yang bisa menutup kepala, berlindung dibawah Kasur maupun meja. Dan apabila bunyi tanda evakuasi dilakukan, santri tidak diperkenankan berisik dan saling mendorong. Santri dapat membawa barang pelindung kepala ke titik kumpul evakuasi.

Harapannya ini dapat menjadi bukti bahwa MBS Pleret berupaya memberikan keamanan terbaik untuk santri santrinya dalam mengenyam pendidikan. Terlebih Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan dengan kondisi santri yang jauh dari orang tua. Maka santri diharapkan dapat memiliki wawasan dan kemampuan untuk menjaga diri mereka sendiri.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Purwoker....

Suara Muhammadiyah

5 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) PW Aisyiyah ....

Suara Muhammadiyah

3 December 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

20 July 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi (Himaksi) Sekolah Tinggi Ilmu Eko....

Suara Muhammadiyah

14 October 2024

Berita

BUTON, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Buton (UM Buton) membanggakan hasil gemila....

Suara Muhammadiyah

17 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah