MPI PWM Sulsel Gandeng TVMu Gelar Muhammadiyah Studies Talk

Publish

29 November 2023
pwm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
181
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Selatan peringati Milad ke 111 Muhammadiyah dengan mengkaji buku Risalah Islam Berkemajuan, yang merupakan salah satu keputusan Muktamar 48 di Surakarta.

Kajian buku yang dikemas dengan nama "Muhammadiyah Studies Talk #1", menghadirkan tiga narasumber, yakni Hasnan Bahtiar (Tim Perumus Draf Buku Risalah Islam Berkemajuan), Sulaeman Masnan (Akademisi Unismuh Makassar) dan Ketua MPI PWM Sulsel Hadisaputra.

Acara digelar secara daring, melalui aplikasi Zoom, Senin, 27 November 2023.

Ketua MPI Sulsel, Hadisaputra menyebut bahwa kegiatan ini bakal dilakukan secara rutin, sebagai langkah awal mewujudkan "Muhammadiyah Studoes Center (Pusat Studi Muhammadiyah) di Sulsel.

"Muhammadiyah Studies Center bentuk fisik maupun dalam bentuk aktivitas. Dalam bentuk fisik, kita akan mendirikan perpustakaan yang berisi buku-buku maupun hasil kajian tentang Muhammadiyah, baik dari dalam maupun luar negeri," ungkapnya.
 
Sementara itu, dalam bentuk aktivitas pihaknya akan banyak melakukan pengkajian dan diskusi buku mutakhir tentang Muhammadiyah secara berkala. "Termasuk melakukan riset yang mendukung kemajuan persyarikatan," lanjutnya.
 
Menurutnya, kegiatan yang disiarkan di TVMU itu, akan menjadi trend baru dalam lingkup persyarikatan. Acara ini bakal melengkapi  program TVMU lainnya seperti tabligh akbar dan pengajian subuh.
 
Sementara itu Hasnan Bachtiar, salah satu panelis dalam Muhammadiyah Studies Talk memuji pelaksanaan kegiatan tersebut. Hasnan menilai acara itu, merupakan langkah progresif terhadap kemajuan Muhammadiyah di bidang studi dan riset.
 
“Saya sangat bersyukur, ini sangat bagus dan langkah progresif Muhammadiyah khususnya di Sulsel,” ujar Hasnan.
 
Dosen Universitas Muhammadiyah Malang itu mengaku, pelaksanaan Muhammadiyah Studies Talk  oleh MPI Sulsel tersebut merupakan langkah awal yang baik untuk mendirikan pusat studi di Sulsel. “Semoga ini tetap berkelanjutan hingga berdirinya pusat studi kedepannya di Sulsel,” harapnya.
 
Kegiatan Muhammadiyah Studies Talk adalah salah satu program kerja yang dicetuskan pada Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) MPI Sulsel di Kabupaten Sinjai beberapa waktu lalu. (hadi/riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melantik para pengurus Organisas....

Suara Muhammadiyah

7 February 2024

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) hadiri forum rektor perguru....

Suara Muhammadiyah

23 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Dr. (H.C). Zulkifli H....

Suara Muhammadiyah

20 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Gerakan Muhammadiyah yang pada awal kelahirannya berlandaskan teologi ....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 6 Jawa Teng....

Suara Muhammadiyah

15 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah