Muhadjir Effendy Kunjungi Unismuh, Bahas Pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah

Publish

11 July 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
186
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Prof Dr H Muhadjir Effendy, MAP melakukan kunjungan silaturahmi ke Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Rabu, 10 Juli 2024. Dalam kunjungan tersebut, Muhadjir didampingi Deputi VI Kemenko PMK Prof Warsito dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulsel Prof Muhammad Jufri.

Mereka diterima langsung oleh Rektor Unismuh, Prof Dr H Ambo Asse, MAg didampingi Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, dan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Erwin Akib PhD.

Hadir dalam pertemuan ini Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Irwan Akib, MPd, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan Dr Muhammad Syaiful Saleh dan Dr Panca Nurwahidin, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar KH Said Abd Shamad, Ketua dan Sekretaris Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah Lukman Abd Shamad dan Dr Muhammad Ali Bakri.

Selama pertemuan, Muhadjir banyak menerima masukan dan aduan terkait pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah di Sulawesi Selatan. Salah satu isu yang mencuat adalah terkait TK Aisyiyah di daerah yang tidak jadi menerima bantuan dana desa karena salah satu persyaratannya harus beralih kepemilikan menjadi sekolah milik desa. Menanggapi hal ini, Muhadjir meminta pengurus Aisyiyah untuk membuat aduan tertulis agar ia bisa menindaklanjuti masalah tersebut.

Selain itu, Muhadjir juga menerima laporan tentang selesainya pembangunan gedung rumah susun sederhana sewa (rusunawa) bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Pesantren Darul Arqam Gombara Muhammadiyah Sulsel, namun menunggu jadwal resmi penyerahan dan peresmian dari Kementerian PUPR.

Menko PMK langsung menelpon salah satu dirjen di Kementerian PU untuk mengatur jadwal peresmian rusunawa tersebut yang akan digunakan sebagai asrama santri.

Dalam pertemuan yang berlangsung dengan suasana santai dan penuh kekeluargaan ini, Ketua PP Muhammadiyah ini lebih banyak memberikan motivasi dan strategi dalam mengembangkan amal usaha Muhammadiyah. Kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara pemerintah dan Muhammadiyah dalam upaya pengembangan bidang keagamaan, pendidikan dan sosial di Sulawesi Selatan.

"Pemerintah dan Muhammadiyah itu perlu bekerja sama memajukan bangsa. Karena Amal Usaha Muhammadiyah banyak membantu tugas pemerintah, maka pemerintah juga wajib mendukung Muhammadiyah. Selama masa kepemimpinan Pak Jokowi, sudah ada 80 rusunawa bantuan pemerintah untuk berbagai Amal Usaha Muhammadiyah se Indonesia," katanya. (Hadi/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BOGOR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA) melakukan ground break....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Lembaga Seni dan Budaya (LSB) PCM Kotagede mengusung program ....

Suara Muhammadiyah

12 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kesehatan mental menjadi topik yang diangkat dalam kegiatan Gerakan Me....

Suara Muhammadiyah

9 October 2023

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Aisyiyah  Asahan sambut gebyar Milad ke-107 acara ....

Suara Muhammadiyah

25 June 2024

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah - Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Hizbul Wathan (HW) SMK....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah