Muhammadiyah Berkontribusi Besar pada SDGs

Publish

6 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
304
Masa Orientasi Mahasiswa SPs UMS 2023

Masa Orientasi Mahasiswa SPs UMS 2023

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Diikuti 250 Mahasiswa baru baik dari program Magister dan Doktor dari 24 Program Studi (Prodi), Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)  menggelar Masa Orientasi Mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024. Berlokasi di Gedung Pascasarjana UMS, pada (2/9).

Masa orientasi menjadi ruang pengenalan Direktur, Kepala Program Studi (Kaprodi) beserta staff SPs kepada mahasiswa baru. Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si., dikonfirmasi pada Sabtu lalu menyebutkan bergabung dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) harusnya menjadi suatu kebanggaan.  Karena Muhammadiyah memiliki kontribusi paling besar dari 12 parameter Sustainable Development Goals (SDG) di Indonesia. 

“SDG mempunyai 17 elemen, dan Muhammadiyah masuk ke dalam 12 indikator. Yang secara tegas presiden menyatakan bahwa Muhammadiyah berkontribusi paling besar. Mulai dari penuntasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan, dan demokrasi,” sebut Prof., Sofyan.

Dia juga memberikan “kuliah kebangsaan”,  membeberkan pemahaman Islam menurut Muhammadiyah, yang meliputi 3 aspek, yakni Bayani (Tekstual), Burhani (Kontekstual), dan Irfani (kepekaan nurani).  Hal ini sesuai dengan Visi UMS untuk menjadi pusat pengembangan Ipteks yang unggul Islami yang memberikan arah perubahan. 

Pada bagian lain, M., Farid Wajdi, S.E., M.M., Ph.D., melalui rekaman video (diambil saat di Samarinda) menyebutkan bahwasanya bergabung dengan SPs UMS adalah pilihan tepat. Ia juga berharap dengan adanya masa Orientasi ini dapat membantu mahasiswa baru lebih mengenal sistem perkuliahan di UMS.

“Merupakan suatu keberuntungan dan hal yang perlu kita syukuri bersama. Bahwa mahasiswa baru telah memilih sesuatu yang tepat untuk menyusun masa depan demi membentuk kualitas diri di SPs UMS,” ujar Farid. (Eva/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Kudus kembali menyelengggarakan upacara sumpah ....

Suara Muhammadiyah

4 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Kantor Layanan Lembaga Lazismu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta....

Suara Muhammadiyah

28 March 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMS) menggelar buka puasa....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Aula SMP Muhammadiyah Plus Cimanggu yang berintegrasi den....

Suara Muhammadiyah

29 April 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka menguatkan akar rumput mitra usaha di daerah, Suara Muha....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah