Muhammadiyah Berkontribusi Besar pada SDGs

Publish

6 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
456
Masa Orientasi Mahasiswa SPs UMS 2023

Masa Orientasi Mahasiswa SPs UMS 2023

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Diikuti 250 Mahasiswa baru baik dari program Magister dan Doktor dari 24 Program Studi (Prodi), Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)  menggelar Masa Orientasi Mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024. Berlokasi di Gedung Pascasarjana UMS, pada (2/9).

Masa orientasi menjadi ruang pengenalan Direktur, Kepala Program Studi (Kaprodi) beserta staff SPs kepada mahasiswa baru. Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si., dikonfirmasi pada Sabtu lalu menyebutkan bergabung dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) harusnya menjadi suatu kebanggaan.  Karena Muhammadiyah memiliki kontribusi paling besar dari 12 parameter Sustainable Development Goals (SDG) di Indonesia. 

“SDG mempunyai 17 elemen, dan Muhammadiyah masuk ke dalam 12 indikator. Yang secara tegas presiden menyatakan bahwa Muhammadiyah berkontribusi paling besar. Mulai dari penuntasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan, dan demokrasi,” sebut Prof., Sofyan.

Dia juga memberikan “kuliah kebangsaan”,  membeberkan pemahaman Islam menurut Muhammadiyah, yang meliputi 3 aspek, yakni Bayani (Tekstual), Burhani (Kontekstual), dan Irfani (kepekaan nurani).  Hal ini sesuai dengan Visi UMS untuk menjadi pusat pengembangan Ipteks yang unggul Islami yang memberikan arah perubahan. 

Pada bagian lain, M., Farid Wajdi, S.E., M.M., Ph.D., melalui rekaman video (diambil saat di Samarinda) menyebutkan bahwasanya bergabung dengan SPs UMS adalah pilihan tepat. Ia juga berharap dengan adanya masa Orientasi ini dapat membantu mahasiswa baru lebih mengenal sistem perkuliahan di UMS.

“Merupakan suatu keberuntungan dan hal yang perlu kita syukuri bersama. Bahwa mahasiswa baru telah memilih sesuatu yang tepat untuk menyusun masa depan demi membentuk kualitas diri di SPs UMS,” ujar Farid. (Eva/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, S.IP., M.IP., menghadiri ....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Pada hari Ahad 19 November 2023 PDA Purworejo menggelar Rakerda dan ....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

Kajian Ahad Subuh PCM Manggala Hadirkan Koordinator Pembinaan Masjid LPCRM PP Muhammadiyah MAKASSAR....

Suara Muhammadiyah

21 July 2024

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - Bertempat di gedung BMT Dana Insani Wonosari, Pimpinan Daerah Muha....

Suara Muhammadiyah

26 February 2024

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN dan PNF PDM Asahan) me....

Suara Muhammadiyah

6 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah