Muhammadiyah Katingan Kuatkan Ideologi Kader Persyarikatan

Publish

16 September 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
142
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

KATINGAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Katingan, Kalimantan Tengah menyelenggarakan Baitul Arqam untuk Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Organisasi otonom se Kabupaten Katingan tahun 2024. Ini merupakan bagian dari program Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) PDM Katingan yang bertujuan untuk memperkuat ideologi, akhlak, dan kapasitas kader Muhammadiyah.

Baitul Arqam resmi dibuka pada Jumat, 13 September 2024 di Aula Masjid Muhammadiyah Nurul Iman, Kasongan. Acara yang dihadiri oleh sekitar 50 peserta ini mengusung tema “Penguatan Ideologi dan Pembinaan Moral Kader Muhammadiyah untuk Mewujudkan Masyarakat Islam yang Berkemajuan”.

Adapun peserta yang hadir terdiri dari anggota dan simpatisan Muhammadiyah se-Kabupaten Katingan, termasuk seluruh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM), Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA), serta organisasi otonom (Ortom) Muhammadiyah.

Dalam sambutannya, Ketua PDM Katingan, Sardani U Budin, SHut mengatakan Baitul Arqam merupakan sarana strategis dalam membina dan mengembangkan kualitas kader Muhammadiyah. “

Kami berharap para peserta dapat memperdalam pemahaman tentang ajaran Islam yang berkemajuan, memperkuat ukhuwah Islamiyah, dan meningkatkan kapasitas mereka dalam berdakwah serta berkontribusi bagi masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya Baitul Arqam dalam membangkitkan semangat kader dan simpatisan Muhammadiyah. "Saya berharap dengan diadakan Baitul Arqam ini, ghirah bermuhammadiyah bagi cabang dan ortom semakin meningkat dengan mendirikan berbagai amal usaha,” katanya.

Kegiatan ini juga dihadiri Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Katingan, Eka Suryadilaga, mewakili Pj Bupati Katingan. Dalam sambutannya, Eka menyampaikan harapan agar Baitul Arqam dapat mempererat ukhuwah Islamiyah dan silaturahmi antarwarga Muhammadiyah di Katingan.

 “Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas diri sebagai warga Muhammadiyah dan sebagai insan yang lebih baik di masyarakat,” tuturnya.

Selama tiga hari, mulai 13 hingga 15 September 2024, para peserta akan menerima sejumlah materi penting yang dibawakan oleh narasumber dari PWM Kalimantan Tengah dan PDM Katingan. Materi-materi yang disampaikan antara lain: Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, tuntunan ibadah sesuai putusan tarjih, manajemen organisasi, akhlak bermuhammadiyah, dan revitalisasi cabang dan ranting.

Malam harinya, Ustadz Amanto Surya Langka dari PWM Kalimantan Tengah mengisi kegiatan pengajian yang terbuka bagi masyarakat sekitar, menambah nilai spiritual dari kegiatan baitul arqam.

Baitul Arqam PCM & Ortom se-Kabupaten Katingan diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam memperkuat komitmen kader Muhammadiyah terhadap visi dan misi organisasi, serta meningkatkan kapasitas mereka dalam mengimplementasikan nilai-nilai Islam berkemajuan di tengah masyarakat. (Bonni/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - SMP Muhammadiyah 3 Tanjung Sari Medan menggelar kegiatan Gebyar Kre....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya sukses menggelar Pen....

Suara Muhammadiyah

27 May 2024

Berita

KULONPROGO, Suara Muhammadiyah - Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Daerah Is....

Suara Muhammadiyah

2 June 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar ujian tertulis ....

Suara Muhammadiyah

10 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Rumah Sakit AMC Muhammadiyah Yogyakarta menggelar serangkaian acara....

Suara Muhammadiyah

5 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah