PCIM Spanyol Berikan Masukan dalam Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

Publish

17 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
415
PCIM Spanyol

PCIM Spanyol

MADRID, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Spanyol menjadi bagian perwakilan elemen masyarakat yang hadir dalam diskusi bersama Deputi Bidang Corporate Secretary BPJS Ketenagakerjaan Republik Indonesia,  Irvansyah Utoh Banja mengenai perlindungan jaminan ketenagakerjaan di luar negeri.

Acara yang yang berlangsung hangat pada hari Sabtu, 16 September 2023 ini diselenggarakan di Restoran Sabor Nusantara, Madrid dan diikuti oleh puluhan Diaspora Indonesia yang berada di Kota Madrid dan sekitarnya dan difasilitasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid.

PCIM Spanyol sendiri mengutus perwakilan yang dipimpin oleh Ketua Majelis Sosial dan Kemasyarakatan, Muhammad Syahnan Harahap, beserta pengurus PCIM Spanyol lainnya, yaitu Iman Fachmy Hady, Woro Hendriati Yustisia dan Eli Artati.

Dalam diskusi ini, Irvansyah menjelaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan memiliki tugas dan fungsi untuk menyelenggarakan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan melalui 5 Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kematian (JKM)

Irvansyah juga menjelaskan mengenai mengenai bagaimana peran BPJS ketenagakerjaan untuk bisa mendapatkan fasilitas perlindungan yang bisa dimiliki diaspora di luar negeri, khususnya Spanyol.

Salah satu pengurus PCIM, Iman Fachmy Hady menyebutkan bahwa diskusi ini membawa banyak pencerahan kepada diaspora ataupun para pekerja yang ada di wilayah Madrid dan harapannya supaya para WNI yang berada di luar negeri dapat berpartisipasi dalam mengakses dan mendapatkan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri, dengan mudah.

Sementara itu Eli Artati mengamini masalah kemudahan mengakses masukan nya masalah pembayaran. "Saya kira ini penting sekali ya, karena aplikasinya (BPJS Ketenagakerjaan, red) sendiri, belum mencakup masyakarat Indonesia yang berada diluar negara tercinta", ucap Eli.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

RAJAAMPAT, Suara Muhammadiyah - Sebagai salah satu destinasi impian masyarakat lokal dan internasion....

Suara Muhammadiyah

11 March 2024

Berita

JAMBI, Suara Muhammadiyah - Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PW....

Suara Muhammadiyah

7 April 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah memperkaya keilmuan di bidang politik melalui Penguk....

Suara Muhammadiyah

10 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta menyelenggarakan Pentas seni sebagai ....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (U....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah