PDM Bulukumba Membina 12 Cabang dan 115 Ranting

Publish

29 May 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
120
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BULUKUMBA, Suara Muhammadiyah - Saat ini Muhammadiyah Daerah Bulukumba membina 12 cabang serta 115 ranting. Kehadiran cabang dan ranting tersebut menjadikan Muhammadiyah dapat menyebarkan dakwah dan mengembangkan persyarikatan. 

Demikian ditegaskan Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bulukumba Bidang Majelis Pemberdayaan Masyarakat; Majelis Pustaka dan Informasi, Lembaga Lazismu, Syamsul Bakir Hamid kepada media Jumat 23 Mei 2024.

Dijelaskan, cabang yang ada saat ini yakni; Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bulukumba Kota; PCM Gantarang; PCM Gantarang Raya; PCM Kindan; PCM Bonto Bahari; PCM Ujung Loe; PCM Bontotiro; PCM Herlang; PCM Bulukumpa; PCM Rilau Ale;PCM Kajang  dan PCM Kajang Dalam. 

Kegiatan pada cabang melakukan pengajian rutin sekali sebulan serta merealisasikan program kerja yang telah disepakati pada masing masing PCM. 

Saat ini tercatat ada 115 Ranting Muhammadiyah yang menyebar pada desa dan kelurahan yang ada di Bulukumba, tetapi kenyataan hanya sekitar 80 persen ranting yang aktif berkegiatan.

Tantangan dan tugas berat PDM Bulukumba untuk mengaktifkan ranting yang pasif dengan kolaborasi Angkatan Muda Muhammadiyah menyediakan kader kader muda yang siap mengembangkan persyarikatan di lokasi yang kurang aktif tersebut.

Saat ini ada Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) yang merupakan peralihan dari STKIP Muhammadiyah Bulukumba. Alumni perguruan tinggi ini sangat banyak menyebar mengabdi jadi guru dan profesi lain pada instansi pemerintah dan swasta. 

Para alumni kampus itu dapat direkrut untuk menjadi pimpinan Muhammadiyah pada tingkat cabang dan ranting. 

Saat ini amal usaha Muhammadiyah pada bidang pendidikan di antaranya; SMA Bulukumba; Aliyah Muhammadiyah Bulukumba Kota; Aliyah Muhammadiyah Gantarang; SMK Keperawatan Bulukumba; Aliyah Muhammadiyah Palampang. 

Sedangkan pada jenjang SLTP yakni: SMP Muhammadiyah Bulukumba;  Tsanawiyah Muhammadiyah Bulukumba; Tsanawiyah Muhammadiyah Gantarang.. Tsanawiyah Palampang.

Pada jenjang pendidikan dasar ada SD Muhammadiyah Muhammadiyah Bulukumba; SD Muhammadiyah Gantarang; SD Muhammadiyah Palampang. Sedangkan jenjang TK  dan PAUD menyebar pada hampir semua cabang. 

Amal usaha pada bidang sosial ada Panti Asuhan Aisyiyah Kota Bulukumba dan Balai Pengobatan Muhammadiyah Bulukumba. 

Sedangkan masjid adalah, Masjid Muhammadiyah Kota Bulukumba; Masjid Taqwa di Ponre; Masjid Muhamadiyah Laikang Kajang  diresmikan oleh Buya Hamka. Masjid Muhammadiyah  Buttakeke; Masjid Muhammadiyah Kajang Kota. 

Syamsul Bakir Hamid lahir di Bantaeng, 16 Maret 1958. Menjalani profesi wartawan di Harian Tegas 1979-1991. Mingguan Bina Baru 1991-1992. Harian Berita Kota Makassar 1992-2011. Direktur dan Pimred Harian Radar Selatan 2011-2015. Sejak 2015 sampai sekarang Komisaris Radar Selatan. 

Syamsul Bakir mulai mengenal Muhammadiyah sejak 1976 pada Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Ranting Muhamadiyah 1 Cabang Makassar.

Mendirikan IPM Karunrung 1982. Dirikan Tapak Suci Karunrung 1983. Aktifkan Pemuda Muhammadiyah Karunrung 1983.

Aktif pada PRM Perumnas Panakkukang 1984.Pembina Angkatan Muda Muhammadiyah PCM Karunrung 1986.

Akrif dan jadi pengurus Wilayah IPM Sulsel periode kepemimpinan Muhammad Ramli Haba, kepemimpinan Danial Alwi. Pemuda Muhammadiyah Wilayah Sulsel kepemimpinan, Irwan Akib dan Saleh Molla. 

Wakil Ketua Majelis Pustaka PWM Sulsel kepemimpinan KH. Baharuddin Pagim. Pengurus PDM Bulukumba periode 2009-2014; 2014-2019, 2022-2027.(yahya).


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menjadi tuan rumah sosial....

Suara Muhammadiyah

18 January 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) resmi mengukuhkan ....

Suara Muhammadiyah

20 September 2023

Berita

LANGKAT, Suara Muhammadiyah - Sesuai dengan hasil Hisab Pimpinan Pusat Muhammadiyah, di wilayah Indo....

Suara Muhammadiyah

11 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Redaktur Suara Muhammadiyah, Ganjar Sri Husodo, meraih penghargaan jua....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

NGAWI, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 1 Ngawi, salah satu sekolah favorit yang berada di teng....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah