Pelajari Bahasa Arab untuk Memahami Al-Qur`an

Publish

7 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
131
Sumber Foto Unsplash

Sumber Foto Unsplash

Pelajari Bahasa Arab untuk Memahami Al-Qur`an 

Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas

Memahami sedikit bahasa Arab sangat mendasar untuk memahami Al-Qur`an. Mungkin ada yang berpikir, "Wah, ini pasti pekerjaan yang berat." Saya tidak meminta Anda untuk menguasai bahasa Arab, tetapi yang saya katakan adalah semakin banyak Anda mengetahui bahasa Arab, semakin Anda siap untuk memahami Al-Qur`an secara langsung alih-alih hanya bergantung pada terjemahan.

Tentu saja jika seseorang ingin mempelajarinya di tingkat akademis, dia harus mengetahui bahasa Arab itu sendiri. Faktanya ini adalah salah satu syarat standar yang disebutkan dalam kitab-kitab klasik. Bagi siapa yang ingin menjadi mufassir atau penafsir Al-Qur`an, mereka tidak bisa melakoninya tanpa mengetahui bahasa Arab karena teksnya sendiri dalam bahasa Arab. Anda perlu mengetahui bahasa dari teks tersebut untuk bisa menjelaskannya.

Ini tidak hanya berlaku untuk Al-Qur`an, tetapi juga untuk semua kitab suci. Mengetahui bahasa aslinya membuat Anda berada dalam posisi yang lebih baik untuk menjadi rang yang menjelaskan kitab tersebut. Contohnya, untuk memahami Akitab, mengetahui bahasa Ibrani untuk Perjanjian Lama dan bahasa Yunani untuk Perjanjian Baru sangat penting untuk menjadi seorang sarjana dan menjelaskan kitab tersebut. Jika tidak, Anda hanya mengandalkan terjemahan, dan terjemahan itu sendiri adalah semacam tafsir. Anda menafsirkan tafsiran yang sudah ada. Jadi, Anda perlu memahami sumber aslinya.

Namun, untuk orang awam, Anda tidak perlu menjadi ahli tafsir, Anda hanya perlu bisa mengikuti tafsir dan perbedaan yang sedang dibahas. Jadi, satu mufassir mengatakan kata tertentu berarti ini, yang lain mengatakan itu. Kemudian mereka membahas secara detail dari mana kata ini berasal dan sebagainya. Jika Anda tahu sedikit bahasa Arab, maka Anda dapat mengikuti pembahasan itu, jika tidak Anda akan tersesat di jalan.

Selain itu, dalam mengevaluasi berbagai terjemahan Al-Qur`an, Anda dapat melihat mana yang literal, yang lebih dekat dengan teks, dan mana yang lebih metaforis yang meninggalkan pendekatan literal. Mengetahui sedikit bahasa Arab akan membantu Anda dalam hal itu.

Lalu bagaimana kita bisa belajar lebih banyak tentang bahasa Arab Al-Qur`an tanpa harus menguasai bahasanya sendiri? Ada beberapa sumber yang bagus. Salah satunya adalah membaca terjemahan seperti terjemahan Marmaduke Pickthall karena Anda akan melihat persamaan antara terjemahan bahasa Inggris dan teks Arab asli secara berdampingan. Jadi, Anda akan mulai mengerti, oke, kata ini berarti itu.

Lebih tepatnya, Anda bisa mengunjungi situs https://corpuscoranicum.de/en. Di sini Anda akan melihat sajian teks Al-Qur`an dalam bahasa Arab beserta analisis gramatikalnya. Kata demi kata dijelaskan, diterjemahkan, dan dikomentari. Jika Anda belajar sedikit bahasa Arab dan kemudian menggunakan situs web seperti ini, ini akan membimbing Anda lebih jauh. Penting untuk mengetahui bagaimana kata tertentu digunakan di dalam komentar. Anda bisa mengumpulkan semua tempat di mana kata itu digunakan.

Ada sumber dalam bahasa Arab untuk membantu mereka yang sudah tahu sedikit bahasa Arab, tetapi baru mulai belajar mungkin tidak ingin berkonsultasi dengan karya-karya bahasa Arab tingkat lanjut itu. Ada alternatif yang lebih sederhana, sebuah aplikasi bernama Islam360. Anda dapat mengunduh aplikasi itu di ponsel Anda dan mengetikkan kata tertentu yang Anda maksud. Aplikasi itu akan memberi Anda daftar lengkap, kata yang berkali-kali digunakan dalam Al-Qur`an.

Lalu ada aplikasi Quran Explorer, yang memungkinkan Anda untuk mencari kata tertentu di dalam Al-Qur`an. Anda tinggal mencari kata tertentu di aplikasi ini, lalu ia akan meninjau semua ayat di mana kata itu muncul. Jadi Anda bisa membaca ayat demi ayat dan mencari tahu di mana kata itu muncul. Ini akan membantu Anda memahami bagaimana kata itu digunakan di dalam Al-Qur`an.

Dalam hal terjemahan dan tafsir, semua ini adalah alat yang sangat diperlukan, tetapi Anda mungkin ingin mengetahui bahasa Arab sehingga Anda dapat mengevaluasi perangkat ini. Dengan cara ini, Anda dapat memahami makna Al-Qur`an. Keuntungan lainnya adalah semakin banyak Anda belajar bahasa Arab, semakin Anda merasakan bahwa Al-Qur`an berbicara kepada Anda dan Anda akan mengetahui maknanya secara langsung. Artinya, Anda tidak akan bergantung pada orang lain untuk memberi tahu Anda maknanya. Maknanya akan langsung terdaftar di pikiran Anda.

Beberapa frasa muncul dalam Al-Qur`an berulang kali, mudah dihafal dan diketahui maknanya. Meskipun Anda tidak bisa berbicara bahasa Arab, Anda mudah paham. Ketika Anda mendengarnya, itu artinya ini. Kita mengenal beberapa kata Arab, bahkan sudah menjadi hal yang lumrah sekarang, bahkan Joe Biden pun berkata "Insya Allah" yang artinya “Jika Allah menghendaki.”

Anda akan menemukan kata itu muncul dalam Al-Qur`an. Ini bukan hanya satu kata, tetapi tiga kata yang digabungkan, (إِنْ شَاءَ ٱللَّٰهُ). Kalimat ini menunjukkan bahwa Allah disebutkan di akhir kalimat, sedangkan pelaku atau tindakannya disebutkan di akhir, dan kemudian kata kerjanya disebutkan di tengah. Anda akan melihat variasi dari susunan ini di seluruh Al-Qur`an. Dengan mengetahui satu frasa ini, Anda akan melihat banyak variasinya dalam Al-Qur`an.

Dengan mengetahui satu frasa ini, Anda akan dapat menemukan banyak makna dari ayat-ayat Al-Qur`an yang seolah-olah muncul begitu saja di benak Anda. Contoh lain adalah (وَلَوْ شَاءَ اللَّه) yang artinya "dan jika Allah menghendaki". Anda akan mendengar dan menemukan ini berulang kali di banyak ayat. Mengetahui satu frasa ini saja sudah bisa membantu Anda memahami banyak hal. 

Ungkapan بِسْمِ اللَّهِ yang artinya "Dengan nama Allah" ditemukan di awal setiap surat kecuali surat At Taubah. Dengan memahaminya, Anda akan mendapatkan banyak pemahaman tentang Al-Qur`an. Seolah teksnya berbicara langsung kepada Anda dan Anda akan langsung menangkap pesannya. Semakin banyak Anda belajar bahasa Arab, semakin Anda mahir dalam mengungkap misteri, rahasia, dan makna di dalam Al-Qur`an. 

Saya mendorong Anda untuk belajar bahasa Arab sebanyak mungkin. Bagaimana cara belajarnya? Sekarang Anda bisa mengunduh berbagai hal dari YouTube, Anda bisa menonton video instruksional. Aksesnya mudah di mana saja. Anda bisa membeli buku yang disertai audio. Jadi Anda bisa membaca bukunya sambil mendengarkan audionya. Saya belajar banyak dengan cara ini. Dan semoga Allah SWT senantiasa memudahkan kita semua untuk belajar lebih banyak lagi.

Saya masih belajar bahasa Arab, tetapi tentu saja semakin banyak saya belajar, semakin mudah saya menganalisis terjemahan, tafsir, dan memahami teks Al-Qur`an secara langsung. Jadi, ketika saya mendengarnya, saya langsung tahu apa arti teks itu. Anda tidak harus menjadi ahli bahasa Arab, tetapi semakin banyak Anda belajar, maka semakin Anda akan memahami dan menghargai Al-Qur`an, semakin Quran menjadi bermakna bagi Anda dan berbicara langsung kepada hati Anda. 


Komentar

anis ma'ruf

masyaAllah

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Inkuisisi Ibnu Hanbali (Bagian ke-1) Oleh: Donny Syofyan Jumlah umat Islam diestimasi 1.6 miliar o....

Suara Muhammadiyah

9 October 2023

Wawasan

Oleh: Baskoro Tri Caroko Menyimak webinar yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BR....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Wawasan

Sebuah Alasan untuk Tetap Semangat Berkarya Oleh: Heriyanti, Kepala SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, ....

Suara Muhammadiyah

22 May 2024

Wawasan

Oleh: Donny Syofyan Islam memperlakukan laki-laki dan perempuan sebagai makhluk spiritual yang seta....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Wawasan

Bersedekah dengan Harta yang Dicintai Oleh: Mohammad Fakhrudin Seruan berpuasa ditujukan kepad....

Suara Muhammadiyah

2 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah