Pengukuhan Majelis dan Lembaga PDM Sleman 2022-2027

Publish

23 July 2023
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
480

Teguhkan Visi, Misi, dan Komitmen Anggota Pimpinan

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Sabtu, 22 Juli 2023  bertepatan dengan 4 Muharram 1445 H Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sleman bertempat di SMK Muhammadiyah Prambanan Jl. Piyungan Km 2, Marangan Bokoharjo, Prambanan menggelar acara Pengukuhan dan Peneguhan Visi, Misi, dan Komitmen Anggota Pimpinan Majelis dan Lembaga di lingkungan PDM Kabupaten Sleman Periode 2022-2027.

Acara ini dilakukan di Aula SMKM Prambanan dengan dihadiri sekitar 300 pengurus Majelis dan Lembaga yang masing-masing dibacakan susunannya yang dibacakan Wakil Sekretaris Sutriyanto ST dan Eko Sumardiyanto ST dilanjutkan pembacaan pengukuhan oleh Ketua PDM Sleman H. Harjaka   H. Harjaka, S. Pd., M.Ag.

Dalam sambutan Ketua PDM Sleman menandaskan bahwa “ berjuang di Muhammadiyah harus dengan gembira, Barang siapa berjuang untuk kaya maka pasti akan miskin. Jika berjuang untuk dipuji pasti akan hina jika berjuang karena Allah pasti akan kaya dan mendapat ridho Allah”.

Selain itu Muhammadiyah dengan jargon Islam Berkemajuan hendaknya dimaknai dengan Islam yang tidak ditambah atau dikurangi, dimodifikasidan tidak campur aduk antara haq dan batil.

Yang berkemajuan adalah bagaimana mengorganisasi pergerakan tidak ortodok, stagnan.

Ciri-cirinya berkemajuanadalah tauhidnya murni, merujuk kepada Qur’an dan hadist, Muhammadiyah sebagai Gerakan Tajdid dan Ijtihad, Islam wasathiyah  dan menjadi Ismlam yang Rahmatan lil alamin.

Peneguhan Anggota Majelis dan Lembaga yang disampaikan oleh DR. H. Gita Danu dari PWM DIY Pranata bahwa dalam Muhammadiyah harus menerapkan berjihad dan sabar yakni berjuang dengan sungguh-sungguh dan sabar dalam artian Ketika menghadapi problem diupayakan untuk mengatasinya dengan sungguh-sungguh.

“ Aktif di Muhammadiyah jangan karena adanya keterpaksaan karena berada di AUM, namun harus dilandasi dengan Ikhlas  agar tidak menjadi hilang amalnya dan jadikan sebagai kebutuhan” .

Gita Danu juga menambahkan dalam Al Qur’an Surat Ali ‘Imran Ayat 110

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ ۗ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ ٱلْكِتَٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم ۚ مِّنْهُمُ ٱلْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ ٱلْفَٰسِقُونَ

Artinya: Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

Dan QS An Nahl Ayat 125 “ Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.

Selanjutnya juga dipaparkan mengenai Arah Kebijakan PDM Kabupaten Sleman dan  Kebijakan Keuangan PDM Kabupaten Sleman oleh bendahara H. Hadi Supanan dan H Arif M mengenai 8 program prioritas PDM Sleman yakni: Peneguhan ideologi Muhammadiyah, Penguatan hasil muktamar berupa RIB Risalah Islam Berkemajuan, Memperkuat dan memperluas basis umat di jamaah dan komunitas, Mengembangkan AUM yang unggul mandiri dan berkemajuan, Mengintensifkan dakwah bagi generasi milenial, generasi z dan generasi alpha, Transformasi, diaspora kader, Transformasi dakwah kultural dan Memperluas gerakan dakwah komunitas

Acara juga diwarnai dengan materi pemenangan Calon DPD RI dari Muhammadiyah DIY yakni Ir. Syauqi Soeratno yang dipandu oleh ketua Team Pemenangan Daerah H. Darojat Noer dan pembekalan oleh H. M. Isnawan SE.

Selanjutnya dilakukan materi rapat koordinasi masing-masing Majelis dan Lembaga untuk memperat sesame anggota dan Menyusun rancangan kegiatan serta pembiayaan dan capaian jangka pendeknya.

Acara ini berlangsung dengan sukses dengan dukungan penuh dari SMK Muhammadiyah Prambanan dengan berbagai fasilitas dan pendukungnya sehingga acara berjalan lancar. (Arief/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (....

Suara Muhammadiyah

12 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Menyikapi tingginya animo sekolah Muhammadiyah mengikuti Olympic....

Suara Muhammadiyah

8 February 2024

Berita

MAROS, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka merayakan Syawalan, Lazismu Sulsel menggelar acara di Maros....

Suara Muhammadiyah

10 May 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka mendukung pembiayaan para pelaku usaha, program studi Eko....

Suara Muhammadiyah

19 December 2023

Berita

KARANGAYAR, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Aula Lawu Fresh Puntukrejo, Ngargoyoso, Karanganyar, p....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah