Pengukuhan PRA se-PCA Kraton Memperkuat Ghiroh Dakwah Perempuan Berkemajuan

Publish

25 January 2024
pca

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
173
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada bulan Oktober-November 2023, 11 Pimpinan Ranting ‘ Aisyiyah yang ada di wilayah Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kraton Yogyakarta, telah melaksanakan Musyawarah Ranting dengan beragam dinamika dan perkembangannya. Selain garis besar rumusan program lima tahun mendatang, salah satu hasilnya adalah terbentuknya pimpinan di masing-masing ranting. Setelah terbentuk susunan Pimpinan di semua ranting-ranting tersebut maka PCA Kraton berinisiatif mengadakan Pengukuhan 11 tersebut bersama-sama untuk mempererat ukhuwah dalam ber’Asyiyah sekaligus meneguhkan dakwah Perempuan Berkemajuan.

 Pengukuhan PRA se-PCA Kraton periode 2022 -2027 dilaksanakan pada Sabtu 20 Januari 2024, di aula SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta unit 2, di Jalan Patehan Tengah. Dihadiri oleh Penasihat dan seluruh PCA Kraton, Ketua dan anggota majelis di PCA Kraton, Seluruh PRA se-Cabang Kraton serta para tamu undangan. Pengukuhan dilakukan oleh Ketua PCA Kraton, Hj. Laila Desi Ikawati, S.Ag bersama Sekretaris PCA Kraton Hj. Zeni Hermawati, M.Pd. Setelah pengukuhan diserahkan SK kepada masing-masing Ketua PRA yaitu PRA Gamelan pada Ani Nurhidayah, PRA Langenastran pada Dra. Hj. Tuti Purwani, PRA Kadipaten Kidul pada Hj. Yuana Dwi Astuti, SP, PRA Kadipaten Kulon pada Hj. Latifah Hanum, PRA Kadipaten Wetan dan Ngasem pada Dra. Hj. Enggarwati, PRA Mangunegaran pada Hj. Enny Sumartini, PRA Ngadisuryan pada Nurbaiti Shaleh, S. Pd., PRA   Panembahan pada Ir. Hj. Siswanty Dwi Thesaurini, PRA Patehan pada Hj. Siti Roikhanah, S. Pd., MM, PRA Suryoputran pada Dra. Sri Rejeki Ekasasi, M. B. A. dan PRA Taman pada Hj. Widjiani.

Dalam Sambutannya Ketua PCA Kraton Hj. Laila Desi Ekawati, S.Ag mengajak seluruh pimpinan Cabang dan diranting untuk terus merawat dan mengembangkan peninggalan yang sangat berharga dari para pendahulu yang telah merintis berdirinya ‘Aisyiyah. Yang menjadi medan perjuangan, menyemai amal shalih bagian dari perjuangan Islam Berkemajuan. Di penghujung sambutan Ika menyatakan, “Selamat menjalankan tugas dakwah di wilayah masing-masing, sehat selalu dalam bergiat bersama keluarga dan para Sahabat ‘Aisyiyah tercinta.”

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan Peneguhan Ideologi, dengan materi Risalah Islam Berkemajuan (RPB). Dokumen resmi ‘Aisyiyah terkait dengan perempuan, yang merupakan salah satu keputusan penting, hasil Muktamar ‘Aisyiyah ke-48 yang baru saja berlalu. Disampaikan oleh Dra. Hasta Dewi,  Ketua Majelis Tabligh dan Ketarjihan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) DIY. Mengupas tentang definisi dan makna penting RPB juga karakter dan komitmen perempuan berkemajuan.  Hasta juga menegaskan “Perempuan yang maju adalah perempuan yang berpengetahuan dengan landasan iman.”

Sri Setyastuti, salah satu ketua Majelis Tabligh dan Ketarjhan PRA sangat berkesan dengan adanya materi RPB tersebut. Selain disampaikan oleh hasta Dewi dengan bahasa yang mudah dicerna juga sarat makna. “Kita harus berbangga hati bersyukur, ditaqdirkan Allah dapat bergiat di persyarikatan Muhammadiyah lewat ‘Aisyiyah yang memahami, bahwa Islam memberi ruang dan kesempatan kepada kita perempuan setara dengan laki-laki berlandaskan iman untuk beramal shalih seluas-luasnya untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan dunia akhirat. (Saffana Intani)                                                                                                                                 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Masjid Al Muttaqiin yang berada di perumahan Grand Tanjung Elok ....

Suara Muhammadiyah

17 March 2024

Berita

MADINAH, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah [PCIM] Arab Saudi meluncurkan ba....

Suara Muhammadiyah

12 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Amerika Serikat kembali m....

Suara Muhammadiyah

22 September 2023

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) Universitas Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menggelar k....

Suara Muhammadiyah

23 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah