Peran Strategis Muhammadiyah Kretek dalam Dakwah dan Literasi Anak

Publish

27 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
148
Doc. Arief

Doc. Arief

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah Kretek memiliki peran andil dalam mengembangkan dan mengejawantahkan dakwah keislaman. Salah satunya adalah dakwah untuk kalangan anak-anak lewat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Setidaknya TPA yang dimiliki Muhammadiyah Kretek yaitu TPA Muhammadiyah 2 Kretek yang terletak di Masjid Al-Maun. Letaknya berada di jalur utama menuju Pantai Depok.

Di TPA Muhammadiyah 2 Kretek sudah ada taman bacaan bernama “Taman Baca Merdeka.” Dengan embrio taman baca inilah Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah memberi support pengembangan perpustakaan ini dengan bentuk hibah buku.

Menurut Iwan Setiawan, Anggota MPI PP Muhammadiyah mengatakan pelaksanaan hibah buku ini merupakan inisiatif dalam rangka memberikan beberapa koleksi buku kepada Taman Baca Merdeka. Ia menyebut ada beberapa jenis buku yang dihibahkan antara lain anak, agama, sosial, dan dongeng.

Acara ini juga diisi dengan dongeng kisah nabi dan rasul. Menghadirkan pendongeng Kak Sutrisno, tampak anak-anak ceria dan gembira mendengarkan secara saksama dongeng yang dibawakan pendongeng kontemporer itu.

Tak hanya itu, semesta literasi juga dihadirkan dalam rangkaian hibah buku ini. M Ichasan Prabowo sebagai salah satu Anggota MPI PP Muhammadiyah menyampaikan seputar persiapan terpenting untuk masuk ke peguruan tinggi yang makin kompleks dan sarat dinamika yang terjadi. 

“Ada kegelisahan para ibu yang takut tidak dapat mengkuliahkan anaknya,” ujarnya. Ichsan menyampaikan pentingnya menabung untuk pendidikan dan juga kesempatan mendapat beasiswa kuliah. (Arief/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Purw....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas ....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah -  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universita....

Suara Muhammadiyah

14 December 2023

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Tim Futsal UKM STIE Muhammadiyah Cilacap meraih juara 3 dalam pertandi....

Suara Muhammadiyah

2 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sejalan dengan Visi Besar Pemuda Muhammadiyah pasca Muktamar XVIII yan....

Suara Muhammadiyah

21 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah