Peringatan Nuzulul Qur'an di Islamic Center UAD Berlangsung Semarak

Publish

28 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
108
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ramadhan selalu menjadi wadah umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT. Beramai-ramai orang untuk memenuhi masjid sekitarnya baik itu tadarrus al-Qur'an, shalat tarawih, kajian dan lain sebagainya.

Ramadhan banyak sekali peristiwa yang telah terjadi pada umat Islam, baik kemenangan umat Islam pada perang Badar, terjadinya fathu Makkah, lailatul qadar dan juga nuzulul Qur'an.

Ramadhan di Kampus Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan Tabligh Akbar dalam rangka nuzulul qur'an di Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan Kampus IV, pada hari Rabu (27/03). San juga disiarkan secara daring pada kanal Youtube Masjid Islamic Center UAD. Kemudian pada kesempatan kali ini, Dr. K.H. Tafsir, M.Ag. (Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah) selaku pemateri pada malam ini.

Pengajian tersebut, dimulai setelah shalat isya dan tarawih berjamaah. Banyak sekali yang telah hadir pada malam tersebut, baik dari mahasiswa, dosen, maupun warga sekitar kampus IV UAD. Pada tema kali ini, yaitu " Al-Qur'an sebagai sumber Ilmu Pengetahuan".

Tidak hanya itu, pengajian nuzulul Qur'an diselenggarakan Haflah Qori. Di mana Panitia Ramadhan Di Kampus UAD, mengundang para Qori dan Qori'ah, yaitu H. Herfan Said, S.Ag.(Qori Internasional), Hj. Hendra Zuswel, S.Pd.I. (Qori Nasional), Yusuf Ramadhan (Qori Nasional).

Pada acara tersebut, dihadiri oleh Rektor UAD yaitu Prof. Dr. Muchlas, M.T. beserta jajaran Wakil Rektor, Kepala Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) UAD yaitu Rahmadi wibowo Suwarno, Lc., M.A., M.Hum. beserta jajarannya.

Rektor menyampaikan dengan rasa gembiranya dengan diselenggarakannya Tabligh Akbar ini. Dan disampaikan pula bahwa saat ini UAD sedang merancang penyusunan konsep interkoneksi keilmuan.

"Maka dari itu, seluruh tema kajian-kajian yang ada di dalam bulan Ramadhan ini adalah Harmonisasi ilmu pengetahuan dan agama. Dan malam ini peringatan nuzulul Qur'an yang kita koneksikan dengan fungsi al-Qur'an sebagai sumber ilmu pengetahuan." Terangnya.

Setelah itu, diumumkan pula juara pada lomba-lomba yang diselenggarakan oleh RDK UAD. yaitu pada tingkat Mahasiswa UAD, pertama lomba Video Cipta Puisi. Juara 1 (Ash habul Kahfi Haas), Juara 2 (Intan Juwita ), Juara 3 (Irgiawan Aditya). Lomba Poster. Juara 1 (Zeko Baharuddin), Juara 2 (M. Kholil Gibran), Juara 3 (Ronal Fikih). Lomba Fotografi. Juara 1 (Muhammad Malik Azis), Juara 2 (Rifqi Muflih), Juara 3 (Fadhil Mu'ammar). 

Tingkat SMA/sederajat. Ada 2 perlombaan, yaitu Lomba Poster. Juara 1 (Hanif Arsyad-SMKN 1 Girisubo), Juara 2 (Ahnaf Ghazy-MA Mu'allimin), Juara 3 (Azzahra Wardani-MA Muhammadiyah Tijarotul Qur'aniyah). Lomba Fotografi, Juara 1 (Arya Bhagaskara-SMK Telkom Purwokerto), Juara 2 (Ari Kurniawan-SMK Kesatrian Purwokerto), Juara 3 (Febri Setiawan-SMK Ma'arif 1 Kebumen). (Badru Tamam)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Cuaca ekstrem yang terjadi sejak tanggal 13 maret 2024 berdampak pa....

Suara Muhammadiyah

18 March 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman SpS., MKes m....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - 1 Februari 2024. SD Muhammadiyah 09 Plus Duren Sawit, Jakarta Timur me....

Suara Muhammadiyah

1 February 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka menguatkan akar rumput mitra usaha di daerah, Suara Muha....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Akhir-akhir ini sosial media dipenuhi dengan konten yang disebut dengan....

Suara Muhammadiyah

23 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah