Perkuat Jamaah, PCM Pahandut Adakan Pengajian Perdana dan Cek Kesehatan

Publish

15 October 2023
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
251
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Majelis Tabligh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pahandut Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah mengadakan pengajian perdana, serta cek kesehatan untuk para jamaah yang bekerja sama dengan MDMC kota Palangka Raya, pengajian ini rutin dilakukan 2 (dua) pekan sekali, yang bertempat di SMA Muhammadiyah I Palangka Raya pada Minggu, 15 September 2023 bertempat di aula. Pada kajian perdananya ini mengangkat tema “ 7 Falsafah Ajaran & 17 Kelompok Ayat Quran yang diajarkan KH.Ahmad Dahlan” yang di tulis Oleh KRH. Hadjid.

Kajian ini dibuka dengan tadarrus quran secara bergantian semua jamaah dan dilanjutkan dengan sambutan ketua PCM Pahandut,. Drs. H. Wahyu Cahyono, M.Pd. Adapun yang menjadi narasumber pada pengajian kali ini adalah ustadz M. Ihsan MZ,.M.Psi yang merupakan wakil Ketua Pemuda Mummadiyah Kalimantan Tengah bidang kader. Pada pengajian kali ini di hadiri juga oleh Drs. Mulyono, M.Pd. selaku Sekretaris PWM Kalteng,. H. M. Zuhri, S.HI., M.Pd.I selaku Wakil ketua Bidang Tabligh dan tarjih PWM Kalteng.  Muhamad Hanafiah Novie, S.P.M.Si Selaku PDM Kota Palanagka Raya, serta para Jamaah.

Ustadz Muda Ihhsan sapaan akrabnya mengatakan bahwa KHA. Hadjid ini adalah murid termuda KH. Ahmad Dahlan yang sangat rajin mencatat apa yang telah di ajarkan dan di lakukan secara langsung oleh KH. Ahmad Dahlan semasa hidupnya dalam menggerakan dan mendirikan Muhammadiyah yang sampai saat ini dapat kita lihat jelas., misalkan sekolah, rumah sakit dan sebagainya.

“ sebagai generasi muda Muhammadiyah dan kita semua, banyak sekali Inspirasi serta semangat dalam berdakwah yang di ajarkan oleh KH. Ahmad Dahlan khususnya untuk mengajak kepada kebaikan, menghindari diri dari akhlak tercela.” Ucapnya.

Kita manusia ini, hidup di dunia hanya sekali untuk bertaruh (berjuang); sesudah mati , akankah kita mendapatkan kebahagian atau kesengsaraan. Makna kebahagiaan yaitu mendapat rahmat dan ridha Allah sehingga dijauhkan dari azab pada hari kiamat dan dimasukkan ke dalam surga. Karakteristik orang bahagia dapat dilihat melalui perilakunya, misalkan masjid banyak dibangun tapi jumlah jamaahnya sangatlah sedikit.

Kajian berjalan dengan tenang dan sedikit tawa dari jama’ah karena pembawaan ustadz Ihsan yang kharismatik dan tidak kaku, sesekali melemparkan candaan kecil dalam tausyiyahnya. ia juga berprofesi sebagai Dosen Muda IAIN Palangka Raya,  tersebut juga menyampaikan pesan agar warga Muhammadiyah jika ingin kebaikan harus niat yang tulus dan ikhlas kepada Allah SWT.

“Terakhir, disampaikan dalam penutup, bahwa semua apa yang di perintahkan oleh quran dan sunnah adalah jalan menuju kebahagiaan dunia dan akhirat”


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) hadiri forum rektor perguru....

Suara Muhammadiyah

23 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ratusan mahasiswa dan alumni Universitas Muhammadiyah Jakarta (UM....

Suara Muhammadiyah

29 February 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Ikhtiar sentuh kelompok-kelompok rentan yang selama ini belum terjangk....

Suara Muhammadiyah

9 December 2023

Berita

MOJOKERTO, Suara Muhammadiyah - Peresmian Gedung dan Peletakan Batu Pertama SMK Muhammadiyah 3 Ngoro....

Suara Muhammadiyah

6 May 2024

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Riau ....

Suara Muhammadiyah

13 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah