Pesantren Ramadhan: Dakwah Kultural Muhammadiyah Ala PKUM UMPR

Publish

30 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
235
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah (PKUM) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) menggelar Pesantren Ramadhan 1445 H di Masjid Kampus II UMPR, Kamis-Jumat (28-29/3/24). Kegiatan tersebut diikuti oleh santri-santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) At-Tanwir Binaan Mahasantri PKUM UMPR yang terdiri dari anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

Pesantren Ramadhan 1445 H diikuti oleh 29 santri, dan menjadi wadah silaturahim antara pengelola dan wali santri TPQ At-Tanwir. Selain itu diisi oleh berbagai kegiatan seperti nonton film Islami, senam sehat, pembinaan salat fardu dan salat berjamaah, praktik ibadah lainnya, dan perlombaan-perlombaan: lomba mewarnai, lomba adzan dan iqamah, lomba membaca Al-Qur’an, dan lomba ranking satu.

Hal tersebut senada dengan yang diungkapkan Aisyah selaku Ketua Panitia Pesantren Ramadhan 1445 H bahwa dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk menggembirakan Bulan Ramadhan dan membentuk akhlak karimah para santri.

“Pesantren Ramadhan tahun ini merupakan kegiatan untuk kali pertama kami adakan, tujuannya adalah menjadikan santri-santri senang dan nyaman dalam belajar mengaji bersama kami, tidak tertekan dan terbebani, serta mengisi bulan suci ini dengan gembira yang bernilaikan ibadah, dari sinilah mudah-mudahan dapat membentuk akhlak yang baik dan saleh dalam kehidupan sehari-harinya,” terang mahasiswa PAI UMPR itu.

Selain itu, Kepala TPQ At-Tanwir Aris Pratama Gunawan, S.H menyampaikan rasa terima kasih kepada semua wali santri atas kepercayaannya terhadap TPQ ini.

“Bapak dan Ibu wali santri TPQ At-Tanwir, terima kasih atas kepercayaannya telah menitipkan putri putrinya di lembaga kami, mari sama-sama kita dukung dan wujudkan anak-anak kita ini menjadi generasi Qur’ani, generasi yang saleh dan salehah, berbakti pada orang tuanya, dan khususnya menjadi generasi Muslim yang bertakwa,” tuturnya.

Aris menambahkan bahwa TPQ At-Tanwir ini merupakan jalan dakwah kultural Muhammadiyah kepada masyarakat sekitar.

“Banyak masyarakat di sekitar kita yang belum mengenal lebih jauh tentang Persyarikatan Muhammadiyah, bahkan peserta adalah siswa sekolah umum bukan AUM, hal ini menjadi peluang bagi UMPR melalui mahasantri PKUM UMPR untuk mengenalkan lebih dekat tentang Islam menurut paham Muhammadiyah, salah satunya dengan dibukanya TPQ At-Tanwir bagi anak-anak di sekitar Kampus II UMPR dan puncaknya Pesantren Ramadhan ini,” jelasnya. 
 
Kegiatan diakhiri dengan pembagian kado Ramadhan untuk wali santri, kajian Ramadhan, buka bersama mahasantri PKUM UMPR dan kader Persyarikatan, santri dan wali santri TPQ At-Tanwir PKUM UMPR Masjid Kampus II UMPR.

Kajian Ramadhan diisi oleh Ust. Dr. H. Norcahyono, S.Pd.I., M.HI salah satu Dosen Hukum Keluarga UMPR yang menyampaikan tentang orang yang bertakwa.

“Orang bertakwa adalah orang yang berhati-hati, dalam surah Ali Imran ayat 133-136 takwa adalah orang yang memiliki kesalehan sosial dan kesalehan individu, kesalehan sosial yaitu orang yang mau sedekah, peka terhada masyarakat, mampu menahan amarah dan mudah memaafkan sesama, dan kesalehan individu adalah sadar apabila melakukan perbuatan dosa ia segera bertaubat serta tidak mengulanginya,” terangnya. (Aris Pratama Gunawan)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Segenap jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Kota Tegal yan....

Suara Muhammadiyah

24 July 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) m....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Musyda PDPM Lamongan dihadiri anggota DPR, PDM dan PWPM Jawa Timur. T....

Suara Muhammadiyah

12 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka ( UHAMKA) Menjadi salah s....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

POLMAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Polewali Kabupaten Polman senantiasa....

Suara Muhammadiyah

25 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah