Rakerda MDMC Batang, Apresiasi Sekolah Muhammadiyah dalam OMOR

Publish

29 May 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
174
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BATANG, Suara Muhammadiyah - Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PDM Batang menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah di Aula BTM Tersono, Kamis, 23 Mei 2024. 

Acara ini diselenggarakan untuk mengkonsolidasikan relawan Muhammadiyah serta desiminasi program kerja LRB MDMC PDM Batang, dalam kesempatan ini MDMC Batang juga memberikan penghargaan kepada Amal Usaha Muhammadiyah yang sudah berpartisipasi aktif dalam program One Muhammadiyah One Respon (OMOR). 

Rakerda dihadiri oleh Ketua PDM Batang, Kepala pelaksana BPBD Batang, ketua FRPB Batang, Manajer Lazismu Batang, Manajer BTM Batang, Ketua Ortom Tingkat Daerah, Ketua PCM Tersono, serta dihadiri langsung oleh ketua LRB MDMC PWM Jateng yang sekaligus menjadi pemateri dalam kegiatan ini.

Muh Edy Supriyanto, selaku ketua LRB MDMC Batang, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Fokus MDMC berubah setelah terjadinya perubahan nomenklatur MDMC, dari yang sebelumnya fokus kepada penanganan bencana sekarang lebih berfokus kepada mitigasi penanggulangan kebencanaan.

"Saat ini kita menjadi lembaga resiliensi yang artinya kemampuan untuk beradaptasi dan tetap tangguh dalam situasi sulit. Sehingga tugas-tugas MDMC tidak hanya penanganan bencana tetapi mitigasi dan pemulihan pasca bencana," ucapnya.

Edy menambahkan bahwa MDMC bertugas mengkoordinasikan sumber daya Muhammadiyah dalam menghadapi bencana.

Tugas MDMC mengkoordinasikan sumber daya muhammadiyah dalam upaya mitigasi Kesiapsiagaan, tanggap darurat maupun pemulihan pasca bencana. Dengan potensi muhammadiyah yang besar dan luar biasa ini, namun saat terjadinya bencana, muhammadiyah bukan siapa-siapa dan diperlukan kerja sama dengan berbagai pihak sehingga penanganan bencana dapat dilakukan dengan tepat , tambahnya

Ketua Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Kab. Batang, Lutfiyati Muflichah menyampaikan apresiasi terhadap Rakerda MDMC Batang serta berharap rakerda ini dapat menghasilkan putusan dan program kerja yang terbaik. 

"Kami apresiasi atas terselenggaranya Rakerda MDMC ini, tentu MDMC ini selalu berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan penanggulangan bencana khususnya di Kabupaten Batang, " ujarnya. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang, Bapak Ulul Azmi, AP, MM., mengaku bangga dengan giat dan respon MDMC di Kabupaten Batang. 

"MDMC Batang ini satu-satunya lembaga kebencanaan yang lengkap karena semua unsur ada di MDMC, sehingga dalam penanganan bencana MDMC ini dan yang sudah dilakukan mulai dari pra bencana, mitigasi dan kesiapsiagaan, saat bencana, serta pemulihan pasca bencana ini benar-benar dilakukan oleh MDMC Batang, " Ungkapnya. 

Sementara itu Ketua PDM Batang, Harto Setiyono mengapresiasi langkah dan giat respon yang selama ini dilakukan MDMC Batang. "Kami sangat mengapresiasi berbagai hal yang sudah dilakukan oleh MDMC Batang, khusus berkaitan dengan respon cepat dan tepat, khususnya kebencanaan yang terjadi di wilayah batang bahkan di luar Provinsi, " Tuturnya.

Dalam kesempatan itu Ketua LRB MDMC Jawa Tengah, Istanto, S.Pd.I., M.Pd. juga menyampaikan penting penguatan OMOR (One Muhammadiyah One Respone) baik potensi sumber daya maupun infaq untuk menjadikan LRB MDMC menjadi sebuah lembaga yang tangguh. Lembaga yang tangguh akan mampu bertahan dalam berbagai perubahan situasi yang terjadi saat ini. 

"MDMC akan semakin lebih baik dengan melakukan penguatan OMOR baik itu pada potensi SDM maupun pada infaq. Hal tersebut akan menjadikan MDMC menjadi Lembaga yang tangguh, sehingga akan mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi serta mampu bertahan dengan perubahan situasi yang berubah begitu cepat, " tuturnya. (pusdatin)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANYUWANGI, Suara Muhammadiyah – Sesuai Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang telah meneta....

Suara Muhammadiyah

15 June 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah membe....

Suara Muhammadiyah

25 May 2024

Berita

DENPASAR, Suara Muhammadiyah – Rombongan karyawan PT Syarikat Cahaya Media / Suara Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

1 February 2024

Berita

LABURA, Suara Muhammadiyah - Aek Kanopan l Komunitas Rumah Baca dan Belajar Anak menyelenggarakan ev....

Suara Muhammadiyah

30 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mengangkat tema yang relevan dengan realitaa kekinian, “Gener....

Suara Muhammadiyah

10 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah