Rektor UMY Bersamai Prosesi Peletakan Batu Pertama Asrama MQS Kasihan

Publish

8 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
435
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sabtu (6/10/24), Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Prof Dr Ir Gunawan Budiyanto, MP, IPM, ASEAN Eng meletakkan proses batu pertama gedung Asrama Muhammadiyah Qur’an School (MQS) PCM Kasihan yang terletak di Dusun Jagan, Kalurahan Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Sebelum prosesi, acara diawali dengan pengajian Ustadz Irfan Nurudin, MSI dari PWM DIY yang dihadiri oleh ratusan jamaah pengajian Ahad pagi PRM Bangunjiwo Timur dan keluarga besar PCM Kasihan.

Dalam sambutannya Prof Gunawan menyampaikan”Sakderengipun kulo lengser meniko kok kedah dados gedung meniko”, yang artinya "Sebelum saya selesai (sebagai Rektor UMY), gedung (MQS) ini sudah harus jadi". Bersamaan dengan itu, LazisMu UMY yang sebelumnya telah memberikan bantuan sebesar 300 juta, setelah sambutan Rektor, akan menambah dana sekitar 500 juta, sehingga total bantuan menjadi 800 juta.

Sebagai penutup, Prof Gunawan menyampaikan harapannya terkait gedung asrama ini. “Mudah-mudahan sebelum saya lengser, dapat kesempatan menginap di asrama selama satu malam dan ditemani ketua PDM Bantul, Pak Qomaru” tutupnya.

Lebih lanjut, Agus Mulyono SE, Ketua PCM Kasihan mengusulkan untuk nama gedung nantinya diberi nama gedung Prof Gunawan Budiyanto. Selain itu, Ia berharap ada kontribusi lanjutan berupa kucuran dana pembangunan dari UMY maupun seluruh masyarakat, mengingat total pembangunan akan menelan biaya sekitar 4,6 milyar rupiah.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih atas pihak-pihak yang sudah berkontribusi. "Saya sangat berterima kasih kepada semua yang telah beramal untuk pembangunan gedung, khususnya kepada Yu Siwuh beserta keluarga besarnya yang telah mewakafkan tanahnya seluas 1.507 m². Selain itu, PCM Kasihan meminta kawalan oleh PDM karena bangunan ini nantinya menjadi ikon Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kasihan," pungkasnya.

Selain itum Ketua LazisMu UMY, Dr Muh Samsudin turut mengajak masyarakat untuk ikut bersama membangun pondok sehingga mempunyai rasa memiliki yang dengan ini akan turut memelihara keberadaan pondok di waktu selanjutnya. 

Hal ini diamini oleh Ketua PDM Bantul, H. Arba Riksawan Qomaru SE yang juga mengajak seluruh jamaah untuk optimis menyelesaikan gedung  yang akan dibangun dengan beramal secara ikhlas dan maksimal.

Di penghujung acara, secara seremonial Ketua PDM Bantul, dilanjutkan Rektor UMY dan Lurah Bangunjiwo secara berurutan mumbubuhkan adukan semen dirangkai dengan batu di tanah galian pondasi yang telah disediakan oleh panitia. Harapannya, dengan ikhtiar dan doa pembangunan gedung berjalan dengan lancar. (Mar/Kiky)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melantik jajaran Wakil Re....

Suara Muhammadiyah

17 January 2024

Berita

PARIS, Suara Muhammadiyah – Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti....

Suara Muhammadiyah

24 September 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) Pimpinan Pu....

Suara Muhammadiyah

4 October 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus berinovasi den....

Suara Muhammadiyah

7 January 2024

Berita

BOYOLALI, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah melalui MDMC dan LazisMu Surakarta melaksanakan pendistr....

Suara Muhammadiyah

13 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah